Ekonomi

110 IKM KBB Diasah Skill Lewat Pelatihan Wirausaha

NGAMPRAH– Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi PKS, Hj Diah Nurwitasari menyampaikan, masa pandemi COVID-19 jumlah pengangguran di Kabupaten Bandung Barat mencapai 30 ribu orang.

Salah satu upaya mengurangi pengangguran itu, kata Diah, adalah dengan menciptakan lahan usaha baru lewat berwirausaha. Tentunya, salah satu terobosan yang dilakukan dirinya dengan memfasilitasi 110 industri kecil menengah (IKM) di KBB untuk mengikuti bimbingan teknis kewirausahaan dari Kementrian Perindustrian.

“Pelatihan ini adalah kesempatan yang langka dan kita syukuri bisa membuka peluang untuk berwirausaha,” kata Diah dalam sambutan penutupan Bimbingam Teknis Penumbuhan dan Pengembangan Wirausaha Baru IKM di KBB yang dilaksanakan di Lembang baru-baru ini.

Diah juga menyampaikan, para peserta yang sudah mendapatkan peningkatan skill namun diperlukan juga pendamping dari Kementrian Perindustrian sebagai tindak lanjutnya. “Yang dibutuhkan juga alatnya. Tapi tidak mungkin diberikan secara perorangan tapi itu bisa dilakukan asal membentuk kelompok,” katanya.

Aspirasi dari anggota dewan, kata Diah, tidak bisa secara reguler asalkan ada rekomendasi dari kabupaten. “Artinya jika ada pengajuan dari kelompok terutama dari peserta pelatihan yang sekarang bisa diperioritaskan oleh Kementrian Perindustrian karena sudah dapat pembekalan,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, Kementrian Perindustrian bisa memberikan peluang bisa memberikan bantuan alat kepada kelompok-kelompok yang mengajukan. “Kita tempuh secara prosedural jika ada peluang dari kementrian, baik itu bantuan peralatan maupun pendamping lanjutan dan itu bisa diinformasikan oleh dinas terkait agar bisa difasilitasi oleh dinas di kabupaten maupun provinsi dan pusat,” tuturnya.

Ilmu yang di dapat dari pelatihan tersebut juga, kata Diah, tidak hanya bermanfaat bagi peserta namun juga menjadi terobosan bagi dinas maupun kementrian sebagai salah satu upaya pengentasan pengangguran di tengah pandemi dengan membuka peluang usaha baru. “Kalau ini semata-mata kepentingan aspirasi anggota dewan mungkin saya tidak akan serius membuat pelatihan ini. Tapi ini untuk kepentingan masyarakat di KBB maupun di Kabupaten Bandung dan saya berharap ada kelanjutannya,” pungkasnya.

Hadir pada kesempatan itu hadir Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan KBB, Ricky Riyadi, Maya Kusma Dewi Kabid Pembangunan dan Perindustrian pada Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kab. Bandung, juga Direktur pada Direktorat Industri Kecil dan Menangah Program Elektronika dan Alat Angkut. ***

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

To Top