12 Paguron Silat Kubu Ayi Ngotot Muskab IPSI Diulang

NGAMPRAH- Forum Keluarga Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Bandung Barat (KBB) di bawah kepemimpinan Ayi Mukti terus melakukan perlawan atas hasil Muskab IPSI KBB beberapa waktu lalu.

Sebanyak 12 paguron silat yang mendukung Calon Ketum IPSI Ayi Mukti sepakat menuntut muskab ulang. 12 Paguron yakni Mekar Patali Wargi (MPW), Merpati Putih (MP), Perisai Diri (PD), Sancang Kuning, ASD, Satria Muda Indonesia, Gajah Putih Mega Paksi Pusaka, Pasir Kujang, GP Macan Tutul juga tiga paguron pendiri IPSI yang tak dapat undangan dalam muskab IPSI beberapa waktu lalu yaitu Pajajaran Indonesia, Panglipur, dan Kararangge.

Ayi pun ogah islah, kendati Pengprov IPSI Jabar telah memfasilitasi untuk islah.

“Kami dari Forum Silaturahmi IPSI/paguron menyatakan memang tidak puas berkaitan undangan silaturahmi yang digiring untuk islah,” kata Ayi kepada redaksi, Jumat (30/10/2020).

Ayi menyesalkan, dalam forum pihak IPSI Jabar tidak mengindahkan tuntutannya adanya upaya penjegalan juga berkas dukungan untuk dibuka.

“Pihak Jabar malah menyampaikan bahwa itu merupakan dinamika muskab untuk perbaikan ke depan. Itu yang sangat disayangkan dan kami menyatakan keberatan. Maka kami minta agar Pengprov IPSI Jabar berada di tengah- tengah segera melaksanakan muskab ulang sesuai dengan mekanisme AD/ART,” tegasnya.

Ayi keukeuh minta kepada IPSI Jabar untuk muskab diulang sesuai paparan dari Sekum IPSI Jabar yang menguatkan penyelenggaraan muskab IV tidak sempurna harusnya diverifikasi semua yang ikut muskab, dan disosialisasikan minimal 1 bulan sebelumnya.

Ketua Paguron Merpati Putih KBB, Denisswara mengatakan, apabila setiap pelaksanaan Muskab ada pelanggaran akan tetapi disebut dinamika untuk perbaikan ke depan, pihaknya mempertanyakan kapan mekanisme muskab akan lebih baiknya apabila tidak dimulai sekarang.

Tuntutan Muskab IPSI diulang datang dari Sesepuh Paguron Pendiri IPSI KBB yang juga mewakili forum, Hj Kuswati. Dia menyatakan, tidak terima undangan berjudul silaturahmi yang difasilitasi IPSI Jabar malah dijadikan ajang penggiringan untuk mengkui Asep Hendra sebagai Ketua IPSI KBB.

“Kami tidak mengakui Asep Hendra sebagai ketum. Karena apa? Muskab lalu banyak indikasi kecurangan tidak terbuka tidak transparansi ada upaya penjegalan terhadap paguron dari pihak kami,” tutur Hj Kuswati dari Paguron Makar Patali Wargi ini.

Lantaran Muskab IPSI KBB dinilai tidak sehat, Kuswati, meminta kepada Pengprov IPSI Jabar untuk menggelar muskab ulang. “Jangan ini malah membiarkan kesalahan menjadi benar dan kami yang benar malah tidak ditanggapi,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, pihak Pengprov IPSI Jabar mengklaim, pertikaian Pascamuskab IPSI KBB antara kubu Asep hendra dan Ayi Mukti telah usai dengan digelar silaturahmi dua kubu. ***

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *