Peristiwa

Akibat Jalan Rusak Parah, Warga Rongga KBB Terpaksa Melahirkan di Tengah Jalan

Seorang ibu di Kp. Langkob, Desa Bojong Salam, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat (KBB) terpaksa melahirkan di tengah jalan akibat jalan rusak. Ft ist

RAGAM DAERAH– Mimilukan, seorang ibu melahirkan sambil di tandu di tengah jalan. Nampak proses melahirkan itu di bantu oleh seorang pria, dengan keadaan bayi selamat yang dibantu juga para warga sekitar.

Diketahui, kejadian itu dialami seorang ibu di Kp. Langkob, Desa Bojong Salam, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat (KBB), baru-baru ini. Sang ibu yang ditandu, terpaksa melakukan proses persalinan di tengah jalan menuju puskesmas terdekat lantaran ambulan tidak bisa melintasi jalan tanah yang licin.

Jalan tersebut sudah rusak parah, sehingga aspalnya mengelupas bercampur tanah. Apalagi sehabis hujan nampak jalan sangat licin.

Kepala Desa Bojong Salam, Ajang Yusuf Bahtiar membenarkan dengan kejadian warganya yang melahirkan di jalan akibat akses jalan rusak. “Betul ada warga yang melahirkan di jalan akibat akses jalan rusak tidak bisa dilalui ambulan,” sebut Ajang.

Ajang mengatakan, jalan rusak tersebut merupakan akses jalan utama warga empat kampung yakni Desa Bojongsalam tersebut terdiri dari, RW 04 Kampung Langkob, RW 09 Kampung Sawah lega, RW 10 Kampung Cangkuang dan RW 15 Kampung Nenggel.

Jalan tersebut rencananya akan diperbaiki oleh pihak PLN yang terkena dampak proyek PLTA Upper Cisokan, namun tak kunjung diperbaiki. “Terakhir kali saya pernah menanyakan ke pijak PLN pada Mei 2024. Tahun ini akan dilaksanakan laksanakan, tapi sampai sekarang belum ada informasi lagi,” katanya.

Ajang meminta kepada Pemkab Bandung Barat untuk turun tangan agar jalan tersebut segara di perbaiki pihak PLN yang terkena imbas PLTA Upper Cisokan.

Anggota DPRD KBB, Dadan Supardan mengaku miris dengan kejadian tersebut. Dia berharap, ada perhatian dari Pemda Bandung Barat secepatnya. “Subhanallah pamugi janten perhatian oge evaluasi kango Pemda dina nyaketken pelayanan oge peningkatan fasilitas kesehatan anu mudah terjangkau ku masyarkat di pedesaan,” katanya.

Anggota DPRD KBB, Hilman mengatakan, kejadian warga di sana melahirkan di tengah jalan akibat jalan rusak, bukan kali ini terjadi. “Sering terjadi,” sebut Hilman. ***

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top