APBD KBB 2017 Silpa Rp 304 Miliar, Dewan Berikan Catatan

 

 

foto Hadi Wibowo/Ragam Daerah
PARIPURNA: Ketua DPRD KBB, Ida Widianingsih saat menyerahkan hasil laporan Banggar kepada Penjabat Bupati KBB, Dadang Masoem diacara Paripurna DPRD KBB di Lembang, Kamis (19/7/2018).

LEMBANG- Badan Anggaran (Banggar) DPRD KBB memberikan catatan terhadap Raperda pertanggung jawaban (LPj) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017. Dari sisi pendapatan daerah, banggar mengapresiasi atas kinerja Pemda KBB melebih target yang ditetapkan sebesar 102, 41 persen. Akan tetapi dari sisi belanja pemda harus menyusun kembali yang menjadi prioritas belanja setiap tahunnya sehingga daya serap anggaran bisa lebih optimal.

“Berdasarkan catatan kami ada surplus anggaran akan tetapi surplus anggaran karena sisa lebih penggunaan anggaran (sipla) 2017 Rp 304 miliar,” ujar Wakil Ketua DPRD KBB, Samsul Ma’arif saat membacakan laporan Banggar pada Rapat Paripurna Laporan Banggar di Lembang, Kamis (19/7/2018).

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini mengatakan, silpa diindikasikan perencanaan program di masing masing organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Bandung Barat belum optimal. “Serta ada sejumlah kegiatan yang dilaksanakan pada akhir tahun atau kejar tayang di bulan November dan Desember,” sebutnya.

Untuk meningkatkan fungsi pengawasan oleh inspektorat terhadap adminitrasi keuangan OPD sampai tingkat desa banggar mendukung adanya tenaga tambahan untuk auditor keuangan. “Sehingga diharapkan peran pengawasan oleh inspektorat daerah mampu meningkatkan penggunaan anggaran sesuai pertauran perundang-undangan,” kata Samsul.

Soal penegakan peraturan daerah banggar memberikan catatan masih banyak kelemahan. “Untuk itu guna meningkatkan penegakkan peraturan daerah perlu adanya koordinasi antarsatuan kerja perangkat daerah terkait serta penambahan penyik PPN dan satpol serta damkar,” tandasnya. (wie)

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *