Aspirasi Pencatatan Sipil, Komisi I Terima Warga Non Muslim

 

foto Hadi Wibowo Ragam Daerah
ASPIRASI: Anggota Komisi I DPRD KBB, Eber NH Simbolon menerima aspirasi warga non muslim soal penacatatan sipil di ruangan Komisi I, Senin (16/7/2018).

PADALARANG- Komisi I DPRD KBB menerima aspirasi warga non muslim soal pencatatan sipil. Aspirasi warga tersebut diterima anggota Komisi I Fraksi Hanura Eber NH Simbolon di ruang kerja Komisi I DPRD KBB, Senin (16/7/2018).

Dalam aspirasinya mereka menginginkan terdaftar dalam pencatatan sipil. “Kami rata-rata hanya mempunyai surat nikah dari Greja saja,” kata Koordinator Warga Pencatatan Non Muslin, Betti Jualiana Simbolon.

Rata-rata usia perkawinan warga di atas 30 tahun ke atas dan hanya tercatat di pernikahan Greja. “Kami ingin diakui negara dan memiliki buku akta nikah,” kata Betti.

Anggota Komisi I DPRD KBB, Eber NH Simbolon mengatakan, warga yang datang akan langsung didaftarakan dalam pencatatan sipil Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) KBB. “Saya sudah kooordinasi dengan dinas terkait agar segera didaftarkan dalam pencatatn sipil secara massal,” kata Eber. “Kami ingin mereka diakui legalitasnya oleh negara,” tambahnya.

Eber mengatakan, sudah tiga gelombang warga non muslim terdaftar dalam pencatatan sipil. “Jumlahnya ada 175 kepala keluarga sudah dibuatkan akta nikah pencatatan sipil untuk warga non muslim,” sebut Eber.

Sementara itu, Kepala Seksi Perkawinan dan Perceraian pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil KBB, Edeng Kuswaedi mengatakan, warga yang akan mendaftarkan diri dalam pencatatan sipil wajib menyertai persyaratan berupa surat nikah dari Greja, akta kelahiran, surat pernyataan belum pernah menikah dari desa setempat, surat baptis, kartu keluarga, dan KTP. “Minimal satu minggu akta nikah jadi menunggu pengumuman secara internal atau pun melalui media massa,” tandasnya. (wie)

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *