Bandung Barat

Balpub Gerindra Ini Gembleng Petani Lembang Jadi Wirausahawan

Balbup KBB dari Partai Gerindra, Duddy R Dewayana foto bareng para petani muda di Cibodas Lembang dan Parongpong.

KBB R.A.D.A.R- Bakal calon bupati Kabupaten Bandung Barat (KBB), Duddy R Dewayana memberikan bimbingan teknis di Desa Cibodas Lembang dan Parongpong KBB.

Bimbingan teknis itu, sarannya adalah para petani muda untuk didik menjadi wirausahawan pertanian agrobisnis.

“Bimbingan teknis ini dalam rangka mengantisipasi para pemuda dan pemudi yang enggan untuk menjadi petani,” kata balbup dari Partai Gerindra ini, Minggu (27/8/2017).

Pada dasarnya, kata Duddy, karena permasalan modal dan pemasaran, serta kurangnya kemampuan dalam aspek teknologi, usaha pertanian belum dianggap sebagai usaha profesi.

“Usaha pertanian dianggap tidak pasti, lain halnya dengan industri karena panjangnya rantai pasokan sampai ke konsumen,” sebutnya.

Masalah lain makin menyempitnya lahan pertanian. Oleh sebab itu, diperlukan kemampuan terlebih untuk mengubah cara pandang usaha dibidang pertanian yang selanjutnya adanya kemampuan untuk mengubah masalah itu.

“Banyak cara, dengan teknologi terapan yang sekarang sedang dilakukan oleh kelompok sayuran di wilayah Cibodas dan Parongpong,” tutur Duddy.

Sebagai model percontohan seperti yang dilakukan oleh salah seorang petani dari Desa Cibodas, Dedi.

Dedi berusaha keras membimbing pemuda/mahasiswa pertanian dari berbagai perguruan tinggi di Jabar, serta pemuda sekitar Lembang, untuk menjadi wirausahawan handal dibidang pertanian.

“Kalau lah para pamuda menjadi pengusaha dibidang pertanian, maka ketimpangan permasalahan yang ada di desa salah satunya bisa teratasi,” tandasnya. (wie)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

To Top