Belanja di Pasar Modern Cimahi Tidak Boleh Pakai Kresek

CIMAHI– Pemerintah Kota Cimahi mulai menerapkan aturan pelarangan penggunaan kantong plastik sekali pakai (kresek) di pasar modern dan pusat perbelanjaan di Kota Cimahi.

Sebagai alternatifnya, konsumen diarahkan menggunakan kantong belanja ramah lingkungan.

Demikian diutarakan Wali Kota Cimahi, saat menghadiri kegiatan Sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) bagi para pengelola pasar modern dan pusat perbelanjaan se-Kota Cimahi, bertempat di Aula Gedung Cimahi Techno Park pada Senin (16/11/2020).

Turut hadir pada kesempatan tersebut, perwakilan dari Kodim 0609 dan para narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kota Cimahi.

“Kami dari Pemkot melalui Disdagkoperin memberikan dulu contoh untuk dipakai kepada para pengelola pasar modern tadi dikasih kantong yang bisa beberapa kali pakai dan lebih ramah lingkungan sisanya mereka harus menyediakan sendiri,” ujarnya.

Pemerintah Kota Cimahi sendiri saat ini tengah menyusun Peraturan Wali Kota (Perwal) terkait dengan pelarangan penggunaan kantong belanja sekali pakai.

Tujuannya dari Perwal ini adalah untuk mendorong penggunaan kantong belanja ramah lingkungan di tempat-tempat perniagaan di Kota Cimahi. “Beberapa bulan yang lalu kita sudah buat perwalnya kalau tidak salah sudah ada,” terang Ajay.

Ditanya target waktu penerapan aturan pelarangan penggunaan kantung belanja sekali pakai di dalam Perwal tersebut, Ajay belum dapat memberikan tenggat waktu spesifik untuk hal tersebut. Yang jelas, pihaknya berharap program peralihan dari kantong belanja plastik sekali pakai ke kantong belanja ramah lingkungan ini akan tuntas pada tahun 2021 nanti. ***

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *