Bersama Baznas, Walkot Ajay Berikan Santunan untuk 165 Orang

CIMAHI– Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Cimahi kembali menyalurkan santunan kepada kalangan fakir miskin di Kota Cimahi. Setelah sebelumnya dilaksanakan di Kelurahan Cibabat, Cigugur Tengah dan CIbeureum, kali ini kegiatan serupa dilaksanakan di Kelurahan Cimahi dan Kelurahan Karang Mekar, Kecamatan Cimahi Tengah.

Total mustahik yang dibantu di dua kelurahan tersebut sebanyak 165 orang dimana masing-masing memperoleh sebesar seratus lima puluh ribu rupiah. Adapun sumber dana bantuan tersebut berasal dari ZIS (Zakat, Infak, Shodaqoh) para ASN Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi dan para muzakki se-Kota Cimahi yang menitipkan ZIS-nya melalui BAZNAS Kota Cimahi.

Santunan ini diberikan langsung oleh Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna dan Ketua BAZNAS Kota Cimahi, KH. Asep Hilman Mubarok di Aula Kelurahan Karang Mekar, Rabu (21/10/2020).

Dalam sambutannya, Wali Kota Ajay memberikan apresiasi atas kegiatan pemberian santunan ini sebagai sebuah bentuk kepekaan, serta kepedulian sosial kepada kelompok masyarakat yang kurang mampu, terutama ditengah cobaan pandemi Covid-19 yang melemahkan kehidupan ekonomi sebagian masyarakat.

Selain itu, pemberian bantuan ini merupakan suatu refleksi dan wujud kepedulian terhadap sesama dalam rangka mendorong terwujudnya keshalehan sosial dalam kehidupan masyarakat Kota Cimahi.

“Alhamdulillah hari ini kami berada di wilayah [Kelurahan] Karang Mekar. Saya tadi bersama Pak Ketua BAZNAS membagikan kepada yang berhaknya di kelurahan ini. Tadi pak ketua BAZNAS menjelaskan dalam sambutannya bahwa kalau dulu itu untung [BAZNAS] tidak bubar juga. Untuk itulah, saya instruksikan kepada jajaran pegawai Pemkot untuk bergerak agar kumpulkan zakatnya di BAZNAS kota yang selanjutnya dibagikan ke masyarakat Cimahi,” ujar Ajay.

Menurut Ajay, kepedulian sosial seringkali menjadi barang langka dewasa ini di tengah maraknya sifat acuh tak acuh dan individualistis yang telah menjadi pemandangan umum di tengah masyarakat saat ini. Untuk itulah, Ia menilai kepedulian terhadap sesama harus terus ditumbuhkembangkan dan diwujudkan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat, khususnya melalui penumbuhan rasa kepedulian sosial, yang dimulai dari dalam diri pribadi.

“Tumbuhnya rasa kepedulian sosial maka akan menumbuhkan kebersamaan di kalangan masyarakat. Dan Alhamdulillah dari kebersamaan itu ada peningkatan sedikit dalam hal jumlah bantuannya yang diberikan secara rutin. Inya Allah bulan ini [Oktober] pembagiannya dilaksanakan untuk 7 kelurahan dan bulan berikutnya 8 kelurahan. Jadi 15 kelurahan selesai dalam 2 bulan,” terangAjay.

Terakhir, Ajay berharap ke depannya BAZNAS Kota Cimahi dapat lebih baik lagi dalam menjalankan program-programnya, termasuk dalam mengemban amanah titipan zakat dari jajaran ASN Pemkot Cimahi untuk disalurkan kepada yang berhak.

Untuk menjaga kepercayaan dan amanah tersebut, pihaknya berjanji akan terus melakukan pengawasan dan pendampingan dalam penyaluran bantuan yang dilakukan oleh BAZNAS Kota Cimahi ke depannya.

“Saya percaya teman-teman dari BAZNAS senantiasa amanah dalam menyalurkan bantuan dari teman-teman [ASN]. Mereka [BAZNAS] selama ini bikin laporannya sudah bagus kok. Tapi tentu kita tetap rutin melakukan pengawasan,” pungkas Ajay. **

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *