BNN Gelar Tes Urine Narkoba di Desa Cangkorah

BATUJAJAR- Pemerintah Desa Cangkorah, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (KBB) menggalakan Desa Bersinar (Desa Bersih Narkoba). Program tersebut merupakan kerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) KBB.

Pada kesempatan itu, dilakukan tes urine narkoba oleh BNN. “Ini sebagai antisipasi penyalahgunaan narkoba agar desa terbebas dari penyebaran narkoba,” ujar Kepala Seksi Pencegahan dan Pemerdayaan Masyarakat BNN KBB, Purnama Wijaya usai kegiatan di Aula Desa Cangkorah, Kecamatan Batujajar KBB, Rabu (14/10/2020).

Menurutnya, kegiatan ini sifatnya peduli terhadap masyarakat dalam meminimalisir korban penyalahgunaan narkoba. “Oleh karena itu kita adakan sosialisasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba, terutama kepada RW sehingga bisa menyampaikan kepada masyarakat yang ada di lingkungannya,” katanya.

Soal tes urine, katanya, ini merupakan deteksi dini untuk penyalahgunaan narkoba. “Mudah-mudahan hasil tes urine negatif penyalahgunaan narkoba dan kegiatan ini bisa terus mempererat kerjasama dengan para ketua RW, katanya.

Nah apabila ada yang positif hasil tes urine, sifatnya skrining bukan razia. “Kita akan kembalikan lagi kepada pimpinan terutama kepala desa. Nanti kita akan lakukan asesmen juga hasil asesmen yang menentukan apa direhab atau gimana” tuturnya.

Ia pun berharap, Desa Cangkorah bisa menjadi desa pilot projek di KBB dalam program Desa Bersinar (Desa Bersih Narkoba).

Sementara itu, Kepala Desa Cangkorah Asep Mulyana mengatakan, kegiatan desa bersinar bekerja sama dengan BNN merupaka program nasional.

“Mudah-mudahan dengan adanya program bersinar desa Cangkorah bisa bersih dari narkoba juga semua steak holder warga masyarakat baik itu lembaga pemerintah desa RT dan RW senantiasa mendukung terhadap kegiatan kegiatan yang memang untuk kebaikan warga masyarakat desa Cangkorah,” pungkasnya. ***

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *