BPBD Susun Rencana Ini Hadapi Guncangan Patahan Lembang

ft ilustrasi intetnet

LEMBANG – Empat kecamatan di Kabupaten Bandung Barat terancam dampak gempa patahan sesar Lembang. Setidaknya jalur patahan tersebut membentang sepanjang 29 KM.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD KBB, Duddy Prabowo mengatakan, empat kecamatan tersebut yakni Lembang, Parongpong, Cisarua dan Padalarang.

“Kami dari BPBD sudah menyusun Rencana Kontijensi (Rekon) khususnya ada di 4 kecamatan yang langsung terlintasi oleh patahan sesar Lembang,” katanya, Selasa (26/1/2020)

Ia menambahkan, sebelumnya pada tahun 2011 lalu di Kabupaten Bandung Barat pernah terjadi gempa yang mengakibatkan kerusakan di Kampung Muril, Kecamatan Cisarua.

“Di kawasan yang rentan terdampak oleh gempa patahan sesar Lembang kita telah melakukan sosialisasi terkait tindakan yang dilakukan masyarakat jika bencana tersebut terjadi,” katanya.

Ia pun mengimbau, bagi masyarakat untuk tidak membangun bangunan di kawasan yang terancam gempa dengan kekuatan mencapai 6 sampai 7 magnitudo tersebut.

“Karena ini potensi lebih kepada pergerakan gempa akibat sesar Lembang. Oleh karena itu, saya pun berharap masyarakat tetap tenang dan tidak mudah termakan isu hoaks,” katanya. ***

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *