Bukan Zona Industri, Komisi III Bakal Sidak Pabrik di Cihampelas

PERATURAN: Inilah sebuah pabrik yang mulai berdiri di Kecamatan Cihampelas yang bukan masuk zona industri.

CIHAMPELAS- Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Bandung Barat (KBB), Teddy Heryadi menyesalkan, sebuah pabrik berdiri di Kecamatan Cihampelas, KBB.

“Kecamatan Cihampelas bukan untuk kawasan pabrik tapi lebih pada perikanan dan pertanian ini sudah menyalahi aturan zona,” tegas Teddy, Kamis (5/4/2018).

Pihaknya menduga, pabrik tersebut berdiri izinnya belum keluar dari Dinas Penanaman Modal dan pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPPTSP) KBB. “Kami sudah sampaikan kepada pimpinan dewan terkait beridirnya pabrik di Cihampelas segara akan kami sidak secapatnya,” sebut Teddy.

Tidak hanya pabrik, kata Teddy, sebuah mini market di Cihampelas diduga menyalahi aturan lokasinya masuk di jalan Desa Citapen.

“Secepatnya kita akan melakukan sidak ke lokasi atas laporan masyarakat, setelah dirapatkannya dengan Pimpinan DPRD KBB,” tandasnya.

Kepala Seksi Perindustrian pada Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dede mengaku, akan segera menindak lanjuti laporan masyarakat soal berdirinya pabrik dan mini market yang sudah menyalahi aturan tersebut. “Kajian perencanaan itu adanya di DPMPPTSP, secepatnya akan kami cek kajiannyanya karena kami tidak dilibatkan dalam kajian itu,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Pemantau Tindak Korupsi (Patik) , Jhoni menduga, pihak pabrik baru mengantongi izinnya dari kecamatan.

“Dengan hanya bermodalkan izin lingkungan dan rekomendasi dari kecamatan, para pengusaha sudah berani membangun pabrik,” katanya. Pihaknya mendesak kepada dinas terkait untuk segera menertibkan sejumlah pabrik di Kecamatan Cihampelas yang sudah mulai berdiri. “Kecamatan Cihampelas bukan zonannya tapi pantauan kami sudah ada beberapa pabrik yang mulai berdiri,” sebutnya. (jar)

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *