Pemerintahan

Bumdes Cilame Maju Tanpa APBD

SOREANG-Bumi perkemahan (Buper) Andes salah satu unit usaha Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Desa Cilame, Kecamatan Kitawaring Kabupaten Bandung tetep berjalan kendati tidak disuntik bantuan Anggaran Pendatan Balanja Daerah (APBD) Kabupaten Bandung.

Maka dari itu, Kepala Desa Cilame, Alo Sobirin selalu membuat terobosan unik memberdayakan masyarakat desa menuju tingkat kesejahteraan.

“Selain meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat, kita juga ingin yang pertama kali di Kabupaten Bandung mewujudkan desa mandiri, ” ujarnya, Selasa (9/1/ 2018).

Menurutnya, untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa melalui Buper Andes mempromosikannya dengan cara mempublikasikan melalui media online, Tv, surat kabar cetak dan pamplet/brosur.

“Penyebaran pamplet dan brosur sudah kita lakukan ke setiap sekolah. Intinya kita terus melakukan inovasi dan promosi agar buper andes berkembang dan menjadi salah satu icon di Kabupaten Bandung,” terangnya

Sementara itu, Anggota DPR RI, Dadang Rusdiana, menjelaskan, pengembangan desa wisata dapat dilakukan berdasarkan inisiatif warga desa dengan mengedepankan kekhasan seni, budaya serta keindahan alam.

“Yang penting ada kesadaran kuat dan hospitality masyarakat setempat. Jadi yang perlu dilakukan itu adalah pembinaan warga masyarakat tentang potensi yg bisa dikembangkan serta peran sosial mereka,” terang politisi Hanura inu.

Jika kesadaran dan disiplin warga sudah ada, lanjut Dadang, maka dengan sendirinya para investor akan datang bekerjasama.

“Jadi pengembangan desa wisata bukan sepenuhnya persoalan uang, tetapi persoalan karakter warga masyarakat, Tetapi tentunya harus diawali dengan penetapan peraturan daerah maupun peraturan desa sebagai payung hukum,” tandasnya. (fen).

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

To Top