Bupati Bandung Terpilih Dadang Supriatna Pernah Jadi Suplier Bata Merah

Bupati Bandung terpilih H Dadang Supriatna. ft dok pribadi

SOREANG— H.M Dadang Supriatna, S.Ip,M.Si, lahir dari keluarga sederhana, di pesisir Sungai Citarum, tepatnya Kampung Sapan, Desa Tegalluar, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, 7 Agustus 1971.

Ayahnya, H Taher Kosasih adalah seorang petani dan perngrajin batu bata merah. Ibunya bernama Hj Siti Sa’adah. Namun sejak kecil anak bungsu dari sembilan bersaudara ini diasuh oleh kakaknya yang kedua bernama H Rasmana.

Masa kecil Kang DS berkutat di sebuah lio milik ayahnya. Lio adalah sebuah bengkel kerja(workshop). Bangunannya berbentuk limas beratap genting dengan dinding rendah, tempat pembuatan genting atau batu bata merah secara tradisional.

Pada suatu hari, sang ayah hanya memberikan 1.000 biji bata merah, agar Dadang bisa sekolah. Ternyata modal itulah yang menjadi nafas Kang DS, sapaan Dadang Supriatna meraih kesuksesan.

Kang DS merintis usaha kecil-kecilan sebagai suplier bata merah dan bahan bangunan. Kini ia sudah menjadi kontraktor papan atas. Ia juga menjadi pengembang sebuah perumahan di Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung.

Kampung halamannya, Kampung Sapan Desa Tegalluar, merupakan area langganan banjir akibat luapan Sungai Citarum. Berawal dari kondisi kampung halamannya, Kang DS pun terjun ke dunia politik.

Karir Kang DS pun dimulai dari menjadi Kepala Desa Tegalluar selama dua periode (1998-2006 & 2006-2012), Ketua DPD KNPI Kabupaten Bandung dua periode (2004-2007 & 2007-2011) dan organisasi kepemudaan lainnya.

Anggota DPRD Kabupaten Bandung dari Fraksi Golkar dua periode (2009-2014 & 2014-2019), dan satu tahun menjabat anggota DPRD Jawa Barat sebelum akhirnya ia mengundurkan diri untuk mencalonkan diri sebagai Bupati Bandung periode 2021-2026.

Di tengah kesibukannya, kini Kang DS juga sedang menempuh studi S-3 di Universitas Trisakti Jakarta sejak 2017 silam. Dengan bekal pendidikan, aktivitas organisasi kepemudaan, dan pekerjaanya yang digelutinya, maka sangat layak Dadang Supriatna menyongsong perubahan yang lebih baik demi kesejahteraan warga Kabupaten Bandung.

Pada Pilbup Bandung 2020, pasangan calon Bupati/Wakil Bupati Bandung Dadang Supriatna-Sahrul Gunawan menjadi peraih suara terbanyak sebesar 56 persen. Tinggal menunggu hari pelantikan. Untuk selanjutnya kedua paslon ini akan menempati rumah dinas atau Pendopo Kabupaten Bandung di Soreang selama lima tahun ke depan.(*)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *