Burung Anis Anda Susah Ngemplong, Ini Obatnya..!

BUKAN perkara mudah memang memiliki burung jenis Anis merah. Kalau sudah ngadat alias susah ngemplong, tentunya akan membuat si pemiliknya galau. Ujung-ujungnya dijual dengan harga murah.

“Bahkan banyak yang mengira anis itu betina, ya paling buat pancingan saja,” kata Asep Herman pecinta burung kicau dari Padalarang ini, Selasa (17/10/2917).

Tentunya, kata Asep, jika sudah begitu diperlukan kesabaran dan ekstra perawatan terhadap burung tersebut. “Dijual dengan harga murah, tau-tau di tangan pemilik baru Anis teler, ujung-ujungnya nyesel,” sebut Asep.

Anis merah memiliki karakter yang agak berbeda dari burung kicauan lainnya. Jika jenis burung lainnya mudah terpancing untuk bunyi, tidak demikian dengan anis merah.

Namun bagi yang sudah lama memelihara aneka jenis burung kicauan, merawat anis merah tidak jauh berbeda dari jenis kicauan lainnya. “Hanya saja diperlukan improvisasi di sana-sini,” tandasnya. (wie/net)

Berikut ini beberapa tips mengatasi burung anis merah yang susah ngeplong dan cenderung ngeriwik saja.

1. Maksimalkan pakan harian

Pakan tambahan / extra fooding (EF) diperlukan untuk menjaga kondisi dan mendukung aktivitas harian semua jenis burung peliharaan, termasuk anis merah. Sayangnya, dalam perawatan hariannya, terkadang anis merah tidak mendapatkan pakan sesuai dengan apa yang dibutuhkannya.

Jika burung tidak mau bersuara ngeplong, cenderung ngeriwik saja, berarti pemberian EF harus lebih ditingkatkan, baik porsi maupun jenisnya.

Ada berbagai jenis EF yang bisa diberikan agar anis merah rajin berbunyi dan terpancing untuk bersuara ngeplong, yaitu cacing tanah, larva serangga, ulat hongkong, jangkrik, kroto, dan buah-buahan seperti apel merah, salak, sawo, pepaya, dan pisang kepok.

2. Berikan suasana tenang

Jika Anda menggantung sangkar di tempat biasa, dan selama itu pula anis merah hanya ngeriwik, itu berarti sudah waktunya memindah sangkar ke tempat lain yang lebih nyaman. Ini bisa membantu / memancing anis merah untuk mengeluarkan suara ngeplongnya.

Alternatifnya, jangan mengedorong burung pada malam hari. Jika selama ini burung ogah ngeplong lantaran merasa kurang nyaman pada siang hari, maka pada malam hari dan dalam kondisi tanpa kerodong itulah burung biasanya mau mengeluarkan suara ngeplongnya. Begitu juga yang terjadi ketika jika Anda rutin memberikan pengembunan di pagi hari.

3. Pancing birahinya dengan burung sejenis

Anda juga bisa mengajak teman-teman kicaumania yang memiliki anis merah baik yang masih ngeriwik atau sudah ngeplong untuk berkumpul dan mengecas jagoan masing-masing.

Biasanya, dalam kondisi tersebut, ada satu atau beberapa burung yang terpancing mengeluarkan suara kicauannya dengan kencang. Bahkan ada juga yang langsung teler.

4. Dongkrak birahinya dengan TestoBirdBosster

Apabila burung tetap bersuara ngeriwik, meski sudah lama dipelihara bahkan mendapat perawatan seperti saran di atas, jangan ragu untuk memberikan TestoBirdBooster. Sebab sangat mungkin anis merah Anda secara genetik kekurangan hormon testosteron.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *