Bandung BaratPadalarangPemerintahanRagam Terkini

Campur Tangan Bupati, Sadar Zakat di SKPD Pemkab Bandung Barat Terus Meningkat

PADALARANG— Ketua Badan Amil dan Zakat (Baznas) Kabupaten Bandung Barat (KBB) KH, Hilman Fariz mengaku bersyukur kesadaran zakat di tiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Pemkab Bandung Barat meningkat. “Bupati selalu mengimbau sadar zakat kepada SKPD. Buktinya tiap bulan zakat dari SKPD di Pemda KBB selalu meningkat,” katanya kepada redaksi, Selasa (3/9/2019).

Zakat yang diterima Baznas baru masuk dari Pemkab Bandung Barat dan Kementrian Agama (Kemenag) KBB. “Kami ingin mengembangkan seperti daerah lain zakat, infak, dan sedekah (ZIS) kepada pihak swasta juga,” ungkapnya.

Pihaknya, lanjut Hilman, tidak hanya sekadar mengurus zakat saja. Melainkan, infak dan sedekah juga. “Alhamdulilah suport diberikan langsung dari Pak Bupati untuk menarik ZIS dari pihak swasta,” ungkapnya.

Penarikan zakat dari pemerintahan dalam hal ini Kemenag, diakui Hilman, belum sampai ke akar rumputnya. “Ya baru tingkat pejabatnya saja dari sisi pengumpulan zakatnya,” ungkap Hilman.

Dalam penyaluran zakat, Baznas melakukan setiap hari. Namun, itu pun dibagi berupa program atau masyarakat langsung datang ke Baznas. “Paling banyak masyarakat yang meminta zakat untuk biaya pengobatan,” tuturnya.

Pemberian biaya pengobatan dari Baznas bervariatif tergantung penyakit yang diderita. Selain itu, biaya pengobatan pun, tidak sepenuhnya ditanggung oleh Baznas. “Namanya juga sifatnya bantuan. Jadi semampu kami saja,” ungkapnya. ****

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close