Cerpen “Remahan Imajinasi” Karya Guru & Siswa SMPN 5 Cipongkor Disumbangkan ke Dispusipda Jabar

CIPONGKOR– Guru dan siswa SMPN 5 Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB) benar-benar kratif. Mereka mampu menerbitkan buku cerita pendek (cerpen)
yang dihimpun oleh para pegiat literasi sekolah. Kumpulan Cerpen tersebut diberi judul “Remahan Imajinasi”.

Tak tanggung-tanggung, hasil karya analogi itu langsung disumbangkan kepada Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispusipda) Jawa Barat baru-baru ini.

Kepala SMPN 5 Cipongkor, Beben Kadar Solihat, mengungkapkan, gerakan tersebut dalam rangka mendukung literasi nasional yang sudah direncanakan pada Maret 2020.

Namun karena kebijakan pemerintah yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pendemi Covid-19, baru dilaksanakan pada bulan Juli ini.

“Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk dukungan nyata sekolah dalam mendukung gerakan literasi nasional dan program Tantangan Membaca Bandung Barat (TMBB) yang digulirkan Dinas Pendidikan KBB,” ujar Beben, Sabtu (18/7/2020).

Pegiat Literasi, Dian Savitri menyampaikan, bahwa proses pembuatan buku memakan waktu hampir satu tahun. Dimulai dari sosialisasi kepada guru dan siswa, pengumpulan naskah, hingga proses editing dan masuk ke penerbit.

Menurutnya, “Remahan Imajinasi” merupakan karya perdana sekolah, sejak keikutsertaannya dalam program TMBB.

Seperti diketahui, bahwa TMBB adalah program prioritas GLS Mekar KBB yang mewajibkan pesertanya untuk minimal membaca, mereview, dan mengunggah hasil bacaannya dalam bentuk digital sebanyak 20 buku selama tujuh bulan.

Kegiatan tersebut merupakan program unggulan Disdik KBB dalam menggelorakan lierasi di dunia pendidikan Bandung Barat.

Dian berharap, agar karya tersebut selain dapat menambah referensi bacaan bagi para penggiat literasi yang berkunjung ke Dispusipda Jawa Barat juga memotivasi sekolah lainnya untuk berkarya.

“Semoga hal ini dapat memotivasi para guru dan siswa untuk terus berkarya. Sehingga gerakan literasi terus berjalan dan dapat menghasilkan generasi literat yang membanggakan semua,“ tandasnya.***

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *