Cipongkor itu Lengkap, Ada Wisata Alam, Religi hingga Seni Budaya

Keindahan alam Cipongkor yang dapat dikembang menjadi destinasi wisata alam. ft istimewa

CIPONGKOR-Kabupaten Bandung Barat dengan wilayah yang hampir merata daerah pegunungan, tentunya keindahan alamnya sudah tidak diragukan lagi. Salah satunya Kecamatan Cipongkor.

Cipongkor terletak di Selatan Bandung Barat dengan potensi wisata yang sama halnya dengan daerah lainnya di 16 kecamatan Kabupaten Bandung Barat.

Tokoh Pemuda Cipongkor, Nofyan Herdiana mengungkapkan, Cipongkor itu luar biasa dengan segala kekayaannya.

Lengkap, dari mulai potensi wisata alam (gunung, air curug juga genangan saguling), sejarah, wisata religi, seni dan budaya juga kerajinan masyarakatnya di antaranya golok dan gula aren, ada juga Waterpark Jajaway.

Jika dikelola dengan potensi yang “sagala aya” seperti ini, harusnya Cipongkor sudah lebih maju dan menjadi daerah tujuan wisata, dan ini tentu butuh perhatian lebih dari pemerintah.

“Tapi jika dikelola sebagai wisata, yang saya harapkan wisata sesungguhnya mampu memberdayakan dan segala kondisi dan situasi alami. Bukan mesti menciptakan dengan bangunan fisik semata, juga tidak eksploitatif,” terang Nofyan yang juga pegiat Balads Leuweung dan pengurus seni pencak silat PPSI Cipongkor ini.

Dalam hal ini, lanjutnya, pariwisata yang dimaksud tidaklah berdampak buruk pada budaya dan generasi penerus. Malah sebaliknya, wisata itulah yang harus ikut aturan yang telah dibentuk masyarakat itu sendiri.***

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *