CimahiHukum & KriminalRagam Terkini

Daging Celeng Oplosan Diolah Jadi Rendang dan Bakso

CIMAHI– Pelaku pengoplos daging celeng dan sapi nekat melakukan itu, untuk meraup keuntungan yang cukup besar. Harga daging celeng Rp 40-Rp 50 ribu/kg. Sementara daging sapi bisa mencapai Rp 100-120 ribu/kg. “Jadi motifnya memang untuk mendapat keuntungan ekonomi,” ujar Kapolresta Cimahi, AKBP M Yoris Maulana Yusuf Marzuki saat jumpa pers di Mapolresta Cimahi, Selasa (30/6/2020).

Pelaku pun ternyata sudah memiliki pelanggan tetap yaitu di daerah Purwakarta hampir 70 kg pesanan daging oplosan itu dalam sebulan.

Selanjutnya Tasikmalaya dengan penjualan sebanyak 30 kg per bulan, Cianjur 30 kg perbulan, Bandung yakni di rumah makan 40 kilogram per bulan.

“Di Kota Bandung ini pelaku menjualnya ke sejumlah rumah makan untuk diolah jadi rendah juga bahan baku pembuatan bakso,” kata Kapolres. Di daerah Ciawi Tasikmalaya daging haram ini diolah menjadi bakso.

Para pelaku dijerat dua pasal yakni Pasal 62 ayat 1 atau 2 Jo Pasal 8 ayat 1 huruf d UU RI No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen; Ayat 1 dam Pasal 91 A Jo Pasal 58 ayat (6) Undang Undang RI Nomor 41 tahun 2014 tentang perubahan atas UU No. 18 tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan. ***


Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close