Dana Bantuan RW Rp 100 Juta Masih Ditahan

CIMAHI – Dana pemberdayaan untuk kegiatan tiap RW di Kota Cimahi belum bisa dibagikan. Akan tetapi, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Cimahi sudah membuat konsep serta rincian anggaran yang besarannya mencapai Rp100.850.00 juta.

Kabid Sosbud Bappeda Kota Cimahi Dini Ayulinda, menjelaskan, anggaran tersebut merupakan salah satu upaya untuk memberdayakan masyarakat sekaligus membangun kemandirian.

“Jadi, ketika menurunkan anggaran, tidak ditentukan oleh pemerintah tapi, sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat,” kata Dini, di Komplek Perkantoran Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah, Selasa (27/3/2018).

Dia menyebutkan, besaran dana yang akan dikeluarkan sudah sesuai dengan janji Walikota saat kampanye. Dan Itu semua sudah include dengan insentif.

Untuk besaran di luar insentifnya, bervariasi dari Rp 70 – Rp75 juta, bagi masing-masing kecamatan.

“Kami sudah bikin konsep soal pemakaian dana tersebut. Bahkan Peraturan Walikota (Perwal) sudah ditandangani langsung sama pak Ajay. Kedepan tnggal disosialisasikan saja,” terangnya.

Belum bisa direalisasikannya dana pemberdayaan tersebut, kata dia, karena kewenangannya ada di Bagian Pemerintahan. Sebab, Bappeda hanya membuat konsep mengenai pemanfaatannya saja.

“Rencananya bagian pemerintahan minggu depan akan, mengundang Camat, dan Lurah untuk mensosialisasikan Perwal tersebut,” ujarnya.

Pihaknya berharap, pada saat ada pencairan dana masyarakat ikut mengawasi agar, tepat sasaran. Terlebih, bantuan tersebut tidak berupa uang melainkan barang.

“Peran aktif masyarakat sangat dibutuhkan untuk mengawal realisasi pemanfaatan dana di tiap tingkat RW. Agar tercipta transparansi dana,” tandasnya. (mon)

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *