Padalarang

Delapan Buruh Pabrik Celup Tewas Tenggak Miras Oplosan

PADALARANG- Korban tewas akibat minuman keras (Miras) oplosan kembali terulang. Sebelumnya, oplosan menyebakan tewasnya ABG warga Saguling, kini delapan orang buruh pabrik celup di Jl.Industri Batujajar Cibingbin Desa. Laksanamekar Kecamatan. Padalarang Kabupaten Bandung Barat bergilir tewas usai menenggak minuman keras oplosan berbahan dasar cairan kimia pabrik, Minggu (7/1/2018).

Dua lainnya saat ini masih dirawat intensif di rumah sakit lantaran mengeluh sakit pada dada dan mata menjadi rabun usai melakukan pesta miras oplosan campuran alkohol murni, cairan pembersih kain dan serbuk suplemen di sekitar pabrik tempatnya bekerja pada Jumat(5/1/2018).

“Hasil penyelidikan miras diracik sendiri oleh salah seorang korban meninggal dunia terdiri dari cairan alkohol, Na2S203 (hydro), H202 (peroksida), NaCLO (byclin) dan NaOH (sabun yang biasa digunakan untuk membersihkan mesin kemudian dicampur dengan serbuk suplemen. Cairan itu didapat dari bahan baku yang ada di Pabrik,”ungkap Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana Suryanagara melalui Kasatreskrim Polres Cimahi, AKP Nico N Adiputra, Minggu(7/1/2018).

Delapan orang tewas yakni W alias Wakwaw (19) dan A (19) meninggal Sabtu (6/1), sementara AI(20), MY(19), MA(21), WW alias Carli (18), YD (20) dan UW (19) tewas pada Minggu (7/1). Semua korban meninggal setelah mendapat perawatan intensif di rumah sakit setelah mengeluh sakit di bagian dada.

“Dua korban lain masih dirawat atas nama DAN (20) dam SH (20) warga Desa Cimerang Padalarang,” terang Niko.

Nico menambahkan, dari hasil penelusuran Polisi, pesta miras oplosan dilakukan 10 orang buruh pabrik tersebut sesaat sebelum masuk jam kerja Jumat malam. Minuman racikan itu kemudian diminum secara bersama-sama di warung pinggir Pabrik Celup tempat mereka bekerja dilanjutkan didalam pabrik saat mereka kerja malam.

Keesokan harinya, berangsur satu persatu dilarikan ke rumah sakit sebelum akhirnya nyawa mereka tak tertolong. Diketahui peracik miras oplosan ialah W alias Wakwaw merupakan korban yang pertama kali diketahui meninggal dunia. (wie)

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

To Top