Dewan Cimahi Teriak Soal Kesehatan, Ada Apa?

CIMAHI – Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Cimahi berteriak masalah kesehatan di Kota Cimahi yang belum optimal.

Melalui Panitia Khusus (Pansus) pembentukan Perda Fasilitas Kesehatan DPRD Kota Cimahi segera mendesak
Pemkot Cimahi untuk membuat Peraturan Daerah (Perda) Fasilitas Kesehatan.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) pembentukan Perda Fasilitas Kesehatan, Ayi Khusnayaddi mengatakan, sejauh ini masyarakat sangat menginginkan pelayanan kesehatan ditingkatkan termasuk, fasilitas penunjang lainnya.
“Kami akan mendorong eksekutif dengan merancang Perda nya,” kata Ayi, Selasa (8/5/2018).

Untuk saat ini, lanjut Ayi, pihaknya masih membahas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tersebut yang kemudian dibulatkan dan disepakati.

“Nanti, akan dibahas bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) sebagai leading sectornya,” ucapnya.

Ayi mengatakan, dalam Raperda yang sedang dibahas ada beberapa poin penting yang dituangkan. Poin tersebut antara lain, percepatan pembangunan fasilitas kesehatan, Puskesmas keliling, apotek, klinik kesehatan, tempat praktik mandiri, rumah sakit, optikal, dan faskes tradisional.

“Sehingga, ketika fasilitas kesehatan yang menunjang pengobatan sudah lengkap maka, masyarakat akan mudah untuk mendapatkan pertolongan awal,” terangnya.

Selain percepatan pembangunan fasilitas kesehatan, lanjutnya, pihaknyapun mendorong optimalisasi peran fasilitas kesehatan tingkat pertama seperti, Puskesmas dan klinik.

Kendati demikian, ia pun tidak menampik bahwa permasalahan ada pada anggaran dan ketersedian Sumber Daya Manusia (SDM). Bahkan, kesiapan dari setiap fasilitas kesehatan yang mandiri.

“Tapi bukan berarti tidak bisa diterapkan. Artinya optimalisasi faskes tingkat pertama ini harus dilakukan secara bertahap. Misalnya beberapa Puskesmas sudah ada yang rawat inap, nanti tinggal ditambah lagi ruangannya agar kuotanya bisa meningkat,” tandasnya. (mon)

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *