Dewan Desak Dinkes Waspada Difteri

Anggota Komisi IV DPRD KBB Didin Rachmat

NGAMPRAH- Kejadian Luar Biasa (KLB) Difteri menjadi perhatian khusus Anggota Komisi IV DPRD KBB, Didin Rachmat. Politisi Nasdem inu mendesak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung Barat (KBB) untuk antisipasi KLB Difteri.

“Musim hujan mesti diwaspadai baik bencana alam maupun wabah penyakit. Difteri ini lah yang mesti di waspadai bersama khusus dinas kesehatan,” kata Didin, Sabtu (9/12/2017)

Khusus Dinkes KBB, kata Didin, agar ditingkatkan kegiatan pengamatan dan pelacakan kasus-kasus peyakit menular atau biasa disebut surveiland elidemiologinya . “Hal tersebut penting dengan adanya kejadian luar biasa penyakit Difteri yang dinyatakan oleh Kementerian Kesehatan,” ungkapnya.

Di Jabar sendiri sudah muncul ratusan kasus difteri dengan tertinggi di Kabupaten Purwakarta. Nah megingat KBB berbatasan langsung dengan Kabupaten Purwakarta maka kemungkinan besar kasus difteri ini akan terjadi juga di KBB.

Penyakit difteri merupakan salah satu penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi juga menular pada anak dengan gejala utama adanya peningkatan suhu tubuh anak, dan yang khasnya adalah adanya pembengkakkan pangkal tenggorokan serta timbulnya semacam selaput putih keunguan pada pangkak tenggorokan.

“Bila warga menemukan gejala penyakit tersebut segera bawa atau minimal laporkan ke tempat layanan kesehatan terdekat khususnya puskesmas setempat,” tandasnya. (wie)

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *