Dewan Kabupaten Bandung Sebut TB Peduli Budaya & Lingkungan

SOREANG- Kabupaten Bandung merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Barat yang didiami oleh masyarakat yang majemuk.

Seperti halnya di wilayah Kecamatan Pasirjambu, Ciwidey, dan Rancabali (Paciran) banyak sekali warga masyarakat pekerjaan sebagai perajin tradisional seperti kujang, golok, mainan truck kayu hingga produk kuliner ranginang dan jeruk semuanya produk asli masyarakat sekitar.

Tentunya keanekaragaman produk asli daerah perlu dikembangkan, dikarenakan bisa menyumbang pendapatan asli daerah.

“Saya berharap perajin di wilayah Paciran untuk lebih konsen pada kegiatan yang sesuai dengan pengembangan wilayah tersebut yakni pariwisata,” kata Hen Hen Asep Suhendar selaku Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bandung dari Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Kamis (18/01/2018)

Pihaknya berharap, tempat wisata di wilayah Paciran menyediakan sarana khusus atau stand bagi para perajin untuk memamerkan dan menjual kreasi kerajinannya.

“Jika semua itu bisa terealisasi, Insya Allah warga sekitar Paciran bisa lebih berdaya dan bisa menjadi penerima manfaat dari perkembangan wisata di daerah tersebut, ” terang wakil rakyat dari daerah pemilihan satu Kecamatan Kutawaringin, Soreang, Pasirjambu, Ciwidey, dan Rancabali.

Selain stand khusus pegrajin, Hen Hen berharap, juga di tempat-tempat wisata tersebut, bisa dibuat dan disediakan panggung terbuka untuk menampilkan kreasi seni budaya Sunda.

“Selain untuk menarik pengunjung, sekaligus untuk mengenalkan dan menjaga keberadaan budaya tersebut selaras dengan semangat Tri Sakti Bung Karno yakni berkepribadian dalam budaya,” katanya.

Menurutnya, jika dikaitkan dengan moment Pemilihan Gubernur 2018 di mana pasangan calon HASANAH adalah orang orang yang peduli terhadap budaya dan juga lingkungan hidup.

“Banyak yang akan segera di sosialisasikan, di antaranya di beberapa daerah sebelum jadi Cagub pun, TB Hasanudin telah banyak menyalurkan bantuan peralatan seni budaya bernafaskan Islam, salah satunya peralatan terbangan,” ungkapnya.

Menurutnya, kepedulian TB Hasanudin lainnya terkait lingkungan hidup, pada acara HUT partai PDI Perjuangan 2017 lalu, kita berupaya melakukan penghijauan dengan memberi bantuan bibit buah-buahan kepada kader PDI Perjuangan dan masyarakat.

Ketika disinggung mengenai pengrajin yang kekurangan permodalan, Hen Hen Asep Suhendar, mengatakan, kita juga harus melibatkan pemerintah Daerah tentunya. Dalam hal ini Pemerintah daerah didorong untuk memberi pelatihan-pelatihan agar warga bisa lebih berdaya.

Menurutnya, bantuan permodalan bisa diupayakan dengan mengakses program – program pemerintah seperti kredit usaha rakyat (KUR). Hal ini juga, harus ada pendampingan dari pemerintah daerah agar ada kemudahan warga untuk mengakses program tersebut. (fen)

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *