Pariwisata

Diprotes Pelaku Seni dan Budayawan, Disparbud Janji Bale Pinton Ciburuy Bakal Dibangun Kembali

PADALARANG- Bele Pinton Ciburuy Kabupaten Bandung Barat (KBB) akhirnya bakal dibangun kembali oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Sebelumnya, sejumlah seniman dan budayawan memprotes dirobohkannya ruang seni Bale Pinton di kawasan tersebut demi mempercantik wajah Situ Ciburuy.

Para seniman dan budayawan ini menilai proyek revitalisasi tersebut hanya mementingkan estetika dan mengabaikan nilai budaya dan kearifan lokal di wilayah Situ Ciburuy.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat Benny Bachtiar mengatakan, proyek revitalisasi Situ Ciburuy ini belum sepenuhnya selesai.

Pemprov akan melakukan kajian terlebih dahulu terkait bagaimana rancangan bangunan Bale Pinton secara rinci dengan menyusun detail engineering design (DED).

“Memang pada tahun-tahun sekarang pembangunan (Bale Pinton) ini belum terakomondasi, tapi baru akan direncanakan DED-nya,” kata Benny saat dihubungi, Rabu (25/5/2022).

Benny menyebutkan, pada prinsipnya Pemprov Jabar hanya mengaktifkan ulang potensi-potensi wisata yang berada di wilayah Jawa Barat dengan cara mempercantik tampilan.

“Pada dasarnya Jabar ini sebagai lokomotif ekonominya itu kan sektor pariwisata, tentunya destinasi-destinasi wisata yang ada di Jabar salah satunya Situ Ciburuy akan diaktifkan kembali,” ujar Benny.

“Karena selama ini (Situ Ciburuy) tidak populer lagi karena daya tarik dan faktor lain sebagainya. Oleh karena itu, Gubernur Jabar menginstruksian Dinas Sumber Daya Air untuk merevitalisasi,” imbuhnya.

Selama proses revitalisasi ini seniman dan budayawan diminta untuk bersabar, sebab menurut Benny, Pemprov Jabar sudah menyiapkan lahan dan sedang merancang desain untuk ruang seni dan ruang pertunjukkan yang bisa digunakan di kawasan Situ Ciburuy.

Sementara ini, Benny membolehkan para seniman dan budayawan menggunakan satu dari puluhan balai yang rampung dibangun di bibir danau.

“Saya menanyakan ada tidak area yang bisa dimanfaatkan, menurut sumber daya air, bahwa disitu ada 30 bale-bale yang kalau untuk latihan bisa dipakai salah satunya. Dan ada juga area terbuka yang bisa dipakai untuk pertunjukan,” papar Benny. ***

Iklan Ragam Daerah
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

To Top