Eka Suwarna Dorong Aktivasi Jalur Kereta Bogor-Padalarang

PADALARANG- Bakal calon bupati termuda Kabupaten Bandung Barat, Eka Suwarna, mengatakan, bahwa jika terpilih sebagai bupati maka ia akan mendorong Kementrian BUMN untuk segera mengaktivasi jalur kereta Bogor-Cianjur-Sukabumi-Padalarang-Bandung.

Eka mengatakan, bahwa kereta adalah moda transportasi publik yang murah, nyaman, cepat, dan aman. Masyarakat akan sangat diuntungkan dengan kehadiran layanan kereta di jalur ini sebagai alternatif jasa transportasi publik.

Aktivasi kereta di jalur itu, kata Eka, bertujuan untuk mengurai kemacetan yang semakin parah di jalur tersebut. “Selain itu juga akan dapat menekan biaya transportasi barang dan penumpang. Serta akan semakin menggairahkan perekonomian disepanjang jalur yg dilalui nantinya,” tuturnya.

Eka menambahkan, bahwa dalam sejarahnya jalur ini dibangun oleh Staats Spoorwegen (SS) pada tahun 1882 sebagai kelanjutan pembangunan Jalur Kereta api Jakarta – Bandung yang diinisiasi oleh NIS. Namun karena NIS mengalami kesulitan keuangan pada tahun 1875 sebagai ekses pembangunan jalur kereta Jakarta – Bogor, maka pemerintah Hindia membentuk SS dan melanjutkan pembangunan jalur ke arah Bandung. Jalur Bogor – Bandung praktis terhubung sejak tahun 1884.

Eka mengatakan, bahwa nanti sebaiknya dibangun beberapa stasiun tambahan di beberapa titik agar jumlah pemberhentian bertambah banyak sehingga nilai manfaatnya akan semakin besar.

“Jika Belanda bisa membangunnya, masa sih kita tidak mampu merawat dan memanfaatkannya” kata Eka menutup pembicaraan. (wie)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *