Bandung Barat

Fadilah dan Keutamaan Berkurban

Asep Hidayatulloh, S.sos, MM Kapala Bagian Kasra KBB

Setiap perintah Allah SWT pasti ada hikmahnya, meskipun dipandang berat menjalaninya. Berkurban pada hakikatnya wajib bagi yang mampu, sebagaimana sabda Rasullulah, “Siapa yang memperoleh kelapangan untuk berkurban dan dia tidak mau berkurban, maka janganlah hadir di lapangan kami untuk shalat ied (HR. Ahmad, Darul qutni, Baehaki dan Al Hakim).

Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang mempunyai visi CERMAT yang di dalamnya ada visi agamis, tentu berkewajiban untuk mengajak dan mengimbau kepada seluruh pejabat/pegawainya untuk berkurban demi kemaslahatan dan keberkahan bersama.

Ibadah kurban, di samping wajib bagi yang mampu, juga memiliki beberapa fadilah diantaranya; yang pertama, sebagai salah satu pintu terbaik dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT sebagaimana firman Allah SWT “Sesungguhnya Allah SWT hanya menerima kurban dari orang-orang yang bertaqwa” sehingga berkurban merupakan bukti ketaqwaan seseorang kepada Allah SWT.

Kedua, sebagai sikap kepatuhan dan ketaatan. Dengan berkurban, seseorang dapat dilihat kepatuhan dan ketaatannya baik kepada Allah SWT, kepada Rasululah maupun kepada pimpinannya.

Ketiga, sebagai saksi amal di hadapan Allah SWT, karena kurban mendapat pahala yang berlipat ganda, dalam sebuah hadis “Pada setiap lembar bulunya itu kita memperoleh kebaikan (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

Ke empat, berkurban juga memiliki sisi positif pada aspek sosial. Sebagaimana kita ketahui, distribusi daging kurban mencakup seluruh kaum muslimin, baik dari kalangan fakir miskin maupun dari kalangan yang mampu sekalipun.

Sehingga, hal ini akan memupuk rasa solidaritas umat. Bapak Bupati Bandung Barat, H. Abubakar, telah menugaskan kami untuk menghimpun nama-nama pejabat/pegawai di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat yang akan berkurban, dan selanjutnya diarahkan untuk dikirim kepada panitia kurban yang ada di dewan kemakmuran mesjid, ponpes atau lembaga yang mengajukan hewan qurban kepada bapak bupati.

Alhamdulillah sampai saat ini, sudah terkumpul sekitar 420 pejabat/pegawai Pemerintah KBB, mulai dari bapak bupati, bapak wakil bupati, bapak sekda sampai pejabat eselon IV yang akan melaksanakan kurban, atau sekitar 80% dari seluruh pejabat yang di KBB.

Mudah-mudahan Kabupaten Bandung Barat ke depannya, lebih maju dan lebih berkah sesuai moto Bandung Barat hari esok lebih baik dari hari ini. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close