Granat Ajak Pelajar, Katakan Tidak Pada Narkoba

STOP NARKOBA: Road show Granat di SMK Budi Bakti Utama Padalarang, Sabtu (14/10/2017).

PADALARANG-Data Badan Narkotika Nasional (BNN) korban narkotika dan obat-obat berbahaya (Narkoba) pada tahun 2014 menyebutkan, 22 persen pengguna narkoba di Indonesia merupakan pelajar dan mahasiswa. Kalangan pelajar tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Jawa Barat (Jabar) termasuk paling tinggi pengguna narkoba.

Melihat realitas tersebut, cukup miris. Betapa tidak, para pelajar ini merupakan generasi penerus bangsa. Dan ini merupakan salah satu pekerjaan rumah (PR) bukan hanya BNN saja, namun seluruh komponen masyarakat harus bergerak untuk perang terhadap narkoba tersebut.

Gerakan Nasional Anti Narkoba (Granat) Kabupaten Bandung Barat (KBB), sebagai salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), yang gencar menyatakan perang tentu tidak mau tinggal diam melihat kenyataan tersebut. Meski Granat KBB baru terbentuk, namun tekad untuk perang terhadap narkoba itu dibuktikan dengan serius.

“Supaya tidak merebaknya lagi pengkonsumsi narkoba, kita adakan sosialisasi pada pelajar. Karena mereka inilah yang rentan terhadap rayuan narkoba, sesuai dengan data BNN bahwa angka pengguna narkoba cukup besar dari kalangan pelajar,” ucap Ketua Granat KBB Eman Sulaeman, disela-sela Acara Sosialisasi Anti Narkoba di SMK Budi Bakti Utama Padalarang, Sabtu (14/10/17).

Ratusan pelajar, mengikuti sosialisasi tersebut dengan seksama. Eman berharap, setelah ini mereka tidak lagi coba-coba terhadap narkoba. Namun mereka menjauhkan diri mengingat sangat berbahayanya narkoba tersebut. Bahkan diharapkan setelah mereka mengetahui tentang bahaya narkoba, bisa memberikan pencerahan atau mengingatkan pada sesame temannya.

Dalam acara sosialisasi tersebut, selain mereka diberikan pemahaman tentang berbahayanya narkoba baik dari segi hukum maupun kesehatan. Granat saat melakukan sosialisasi mengundang nara sumber dari kalangan ahli kesehatan, yakni dr.Fitri. “Biar mereka faham betul tentang bahaya narkoba dari segi kesehatan. Kalau dari Granat pembicaranya Kang Wahyu,” terang Eman.

Ia juga menuturkan, kegiatan sosialisasi ini juga merupakan roadshow Granat KBB untuk menuju Bandung Barat Bebas Narkoba. Dalam upaya perang terhadap narkoba tersebut, ia meminta bantuan seluruh komponen masyarakat. “Kita Granat hanya sebagian kecil saja yang menyatakan perang terhadap narkoba. Selebihnya, kita mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menyatakan tidak untuk narkoba,” ucapnya. (wie)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *