BisnisNgamprahRagam Terkini

Hengki: Bukan Saatnya Berkompetisi Tapi Kolaborasi

NGAMPRAH– Wakil Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan menilai, sekarang bukan saatnya untuk berkompetisi, tapi harus berkolaborasi mengingat potensi UMKM dan pengusaha muda di KBB sangat besar.

Menurut Hengki, keberadaan HIPMI sebagai wadah pengusaha muda KBB bernaung mesti proaktif dan dapat menginspirasi anak muda untuk berwirausaha dan sukses di usia muda.

Pemerintah daerah tentunya akan mendukung misalnya melalui pelatihan, pendampingan, atau produk usahanya diikutsertakan dalam berbagai pameran.

“Kalau saya ke Bandung banyak produk UMKM asal KBB yang sudah dijual di gerai-gerai ruang publik termasuk rumah sakit, karena kemasannya bagus dan rasanya enak. Artinya produk UMKM dari KBB sudah bisa bersaing. Kalau melihat peluang saya kira siapapun termasuk pemuda bisa sukses, bahkan ada pelaku usaha makanan di Padalarang yang omzet perbulannya mencapai Rp3 miliar,” ujar Hengki saat menghadiri Pelantikan, Rakercab, dan Diklatcab, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), KBB, di Gedung HBS Cimareme, Jumat (17/1/2020).

Calon Ketua Umum HIPMI Jabar Periode 2020-2023, Rayhan Nuradithia yang hadir pada kegiatan ini mengaku, pengusaha muda kerap dihadapkan pada tiga persoalan yakni, pemasaran, pendampingan, dan permodalan.

Di sinilah peran dari HIPMI dalam menjadi fasilitator serta verifikator agar dapat memotivasi pengusaha muda untuk mengembangkan kreativitasnya. Apalagi keberadaan UMKM di KBB sangat beragam, tinggal bagaimana bersinergi dengan program pemerintah supaya tercipta akselerasi usaha dan juga permodalan.

“Saya tentunya memiliki cita-cita agar dapat menciptakan sinergitas antara program di pusat, provinsi, kabupaten/kota. Termasuk bagaimana HIPMI ini bisa menjadi pendamping dan motivator di era disrupsi, dimana banyak pelaku usaha beralih dari offline ke online dalam hal pemasarannya,” ujarnya.

Ketua panitia kegiatan, Saiful Rachman menyebutkan pengurus HIPMI KBB periode 2019-2021 yang dilantik berjumlah 28 orang dengan 100 anggota. Pengurus HIPMI KBB sesuai dengan aturan berusia tidak lebih dari 41 tahun.

Kegiatan juga diisi dengan ngariung dan ngopi bareng, business coaching, serta business matching untuk mendorong para pengusaha muda dan pelaku UMKM menjadi pejuang ekonomi yang tangguh.

Turut meramaikan hadir pula beberapa stand kerajinan craft, makanan, pakaian, dan lain-lain. ****

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close