Inilah “Sem” Anjing Pemecah Massa Demo

DEMONSTRASI: Ketua Umum Granat Henry Yosodiningrat kepincut melihat kecerdasan Sem. Anjing jenis dobermann ini dikenal dengan keahlian untuk memecah massa demo.

NGAMPRAH- SEM begitulah nama anjing dipanggil oleh sang pawang dalam aksi demontrasi yang diperagakan dalam acara pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Granat KBB baru-baru ini.

Anjing jenis Dobermann ini cukup cerdas mampu diperintah sang pawang. Misalkan diperintah diam atau menyerang Sem mampu melakukannya.

“Sem sendiri memang spesialis untuk protektif unit pemecah massa demo,” ujar Sang Pawang, Asep Sapari dari Tim Kinen Redguard Security.

Tentunya bukan perkara mudah melantih Sem menjadi anjing yang pintar. Sem didik dari kecil hingga kini berusia dua tahun bisa untuk diperintahkan diam atau pun menyerang. “Makanya untuk tingkat kepatuhannya sangat tinggi,” sebut Asep.

Perkara makan pun, anjing jenis Dobermann tidak lah mudah. Sem oleh sang pawang biasa diberi makanan khusus anjing, dog food dengan ekstra puding telur.

Nah untuk pelacak umum seperti deteksi keberadaan narkoba atau evakuasi pencarian korban bencana longsor, dan lain sebagainya, menggunakan anjing berkenis Helder disebut cakung. “Kami juga bekerjasama dengan tim Polda Jabar untuk melatih jenis anjing yang digunakan,” sebut Asep.

Demostrasi beberapa waktu lalu, Sem mampu mencuri perhatian tamu undangan yang hadir dalam pelantikan DPC Granat KBB. Bahkan diperagakan cara menyerang memecahkan masa unjuk rasa. Ketua Umum Granat Henry Yosodiningrat kepincut melihat kecerdasan anjing ini.

Seperti diketahui, Doberman jantan dewasa memiliki tinggi sekitar 26 -28 inchi dan betinanya memiliki tinggi sekitar 24 – 26 inchi. Seekor Dobermann memiliki berat antara 60-80 pound. Dengan bulu yang halus dan mengkilap, penuh dengan otot dan variasi warna biru, merah, cokelat dan hitam, Doberman pinscher memiliki penampilan besar dan megah. Anehnya, untuk trah yang dikenal memiliki kecerdasan dan kelincahan yang tajam, Doberman bertingkah seperti anakkan anjing hingga ia berusia sekitar 3 sampai 4 tahun.

Doberman Pinscher menyukai kesibukkan, baik secara fisik dan pikiran. Sangat cerdas dan sangat aktif, Doberman merupakan pelindung alami. Dia memiliki kualitas sempurna loyalitas dan Anda tidak perlu heran dengan upaya agresifnya untuk melindungi keluarganya dan orang-orang terkasih.

Namun, Dobermann hanya agresif jika terancam dan tidak mengancam tanpa alasan. Trah ini dikenal karena mencintai kesibukkan, baik secara fisik dan pikiran. Doberman cepat mempelajari hal-hal baru dan sering berlaku sombong, tapi jarang keras kepala saat dilatih dengan benar. (wie/net)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *