Jalan Cilanggari-Cisokan Rusak Parah, Anggota Dewan Ini Sebut “Akibat Diantep PUPR Tak Ada Pemeliharaan Seep Ku Corona Duitna”

Pengendara motor jatuh pingsan akibat kecelakaan di tanjakan Gunungtugu menuju arah Cilanggari-Cisokan. Ft istimewa

GUNUNGHALU— Ruas jalan menuju Cilanggari-Cisokan, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat (KBB) saat ini kondisinya semakin parah. Apalagi dimusim hujan, akibatnya sering terjadi kecelakaan.

Seperti halnya ini kejadian pada Rabu 24 Februari 2021 pengendara motor jatuh pingsan akibat kecelakaan di tanjakan Gunungtugu menuju arah Cilanggari-Cisokan.

Anggota DPRD KBB daerah pemilihan (Dapil) Gununghalu, Hilman mengatakan, masalah itu akibat tidak ada pemeliharaan dari Pemkab Bandung Barat.

“Akibat diantep tidak ada pemeliharaan sama dinas PUPR seep ku corona duitna. Ya mudah-mudahan  SMI tidak ada kendala apa-apa,” kata Hilman.

Seperti diberitakan, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat merencanakan jalan wilayah selatan yang terbentang melewati Kecamatan Cihampelas, Cililin, Sindangkerta, hingga Gununghalu itu diperbaiki melalui dana pinjaman dari PT Sarana Multi Infrastuktur (SMI).

Perencanaan awal, jalan sepanjang kurang lebih 72 kilometer itu akan diperbaiki dengan anggaran sebesar Rp285 miliar.

Bupati Bandung Barat Aa Umbara mengakui, jalan rusak ini sudah empat tahun belum juga diperbaiki. Menurutnya, molornya perbaikan jalan di selatan KBB ini terhambat adanya pandemik COVID-19. “Seharusnya tahun 2020 itu sudah dikerjakan pakai anggaran SMI, tapi karena Covid ini diundur dan selama 4 tahun belum diperbaiki,” kata Aa Umbara.

Umbara  menyebutkan, sejak awal Pemda KBB sudah memetakan anggaran perbaikan bersumber dari pinjaman dana PT SMI. Namun, Pemda menemui kendala lantaran PT SMI tidak bisa langsung memenuhi pengajuan pinjaman Pemda KBB. “Sekarang lagi proses, mudah-mudahan minggu ini bisa selesai. Satu surat lagi belum selesai. Minggu depan dilelangkan, April mulai konstruksi,” kata Umbara.

Menurutnya untuk merealisasikan perbaikan jalan ini memerlukan waktu proses verifikasi PT SMI. Umbara meminta, warga bersabar sampai pinjaman anggaran cair. “Mohon bersabar kepada masyarakat sekarang kita coba yang berlubang ini agar diperbaiki dulu,” jelas Umbara.

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) KBB Aan Sopiyan mengatakan, Pemda KBB sudah kehabisan anggaran. Pemda tidak bisa mengalokasikan anggaran sekalipun hanya untuk perbaikan jalan berlubang. “Kita gak ada alokasi APBD untuk perbaikan. Kebetulan ada donatur dari swasta menyumbangkan. Jadi material dibantu dari swasta sementara alat dari kita. Jalan yang diperbaiki menggunakan beskos hanya ruas jalan dari Cihampelas sampai Cililin,” tandas Aan. (***/ net)

 

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *