Cimahi

Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Ikan Melejit

NAIK: Jelang Natal dan Tahun Baru harga ikan di Cimahi mengalami kenaikan

CIMAHI – Meski ketersediaan ikan laut yang ada di pasar tradisional Kota Cimahi tidak banyak, namun, menjelang hari raya natal dan tahun baru, harga sejumlah ikan laut turut meningkat.

Sepertihalnya di Pasar Atas Barokah (PAB), beberapa jenis ikan laut seperti, Udang, Cumi-cumi, Kerpau dan ikan ekor kuning (Sulih) harganya cukup melejit.

Untuk harga udang bervariasi tergantung ukuruan. Udang berukuran kecil naik dari Rp 60 ribu perkilogram menjadi Rp 68 ribu perkilogram. Sementara udang berukuran sedang naik dari Rp 76 ribu perkilogram menjadi Rp 80 ribu perkilogram.

Yang paling tinggi, saat ini udang besar harganya mencapai Rp 130 ribu perkilogram. Sebelumnya Rp 100 ribu perkilogram.

Selain harga udang yang naiknya cukup signifikan, harga Cumi-cumi pun tak kalah tinggi. Saat ini, kenaikan harga cumi mencapai Rp 12 ribu perkilogramnya. Untuk harga awal, ikan jenis Cumi ini hanya Rp 68 ribu perkilogramnya. Sekarang menjadi Rp 80 ribu perkilogram.

Sementara untuk Ikan kerapu dan ikan Sulih, kenaikan harganya tidak terlalu besar. Keduanya hanya mengalami kenaikan harga sebesar Rp 4000 untuk setiap kilogramnya.

Harga ikan kerapu naik dari Rp 36 ribu menjadi Rp 40 ribu perkilogramnya. Harga ikan Sulih awalnya Rp 60 ribu naik menjadi Rp 64 ribu perkilogramnya.

Salah seorang penjual ikan laut di pasar atas barokah, Susanto (25), mengaku kaget dengan naiknya harga ikan yang secara mendadak. Terlebih, sejak sebulan lalu harga ikan laut yang dijualnya masih dalam harga normal.

“Harga dari pemasoknya udah naik, jadi mau gak mau saya juga naikin harganya. Kalau gak dinaikan nanti saya yang rugi,” kata dia, Kamis (21/12/2017).

Menurutnya, kenaikan harga ikan laut ini karena pengaruh cuaca yang kurang bagus sehingga, menjadi suatu hambatan bagi petani untuk mencari ikat di laut.

“Kalau masalah cuaca, setiap penjual ikan laut dipasar manapun bisa mengerti, tapi yang diharapkan kenaikan harga ikan jangan terlalu tinggi. Repot juga ngejualnya,” ungkapnya.

Ia mengaku, semenjak harga ikan laut meningkat pekan lalu, di Lapaknya hanya menjual tak lebih dari 5 sampai 10 kilogram bagi tiap jenis ikan perharinya. Akan tetapi, jika harganya normal, ia bisa menjual lebih dari 10 kilogram perhari.

“Jumlahnya sengaja dikurangi, karena takutnya gak laku. Kan kalau jual ikan laut harus ikan segar,” tuturnya.

Sementara itu, konsumen ikan laut di Cimahi, kata dia, rata-rata lebih banyak pembeli udang dan Cumi. Biasanya yang buka rumah makan.

“Yang paling diburu memang kebanyakan udang sama cumi, kalau ikan kerapu sama sulih jarang,” ucapnya. (mon)

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

To Top