Cimahi

JPO Baros Telan Anggaran Rp 1,3 Miliar

CIMAHI – Pembangunan jembatan penyeberangan orang (JPO) di Jalan Mintaredja Baros Kota Cimahi gunakan betonisasi dengan anggaran sebesar Rp 1,3 Miliar.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Cimahi, Ainul Yakin, mengatakan, pembangunan JPO tersebut dilakukan karena dikawasan tersebut dinilai rawan kecelakaan ditambah, banyak bangunan sekolah.

“Ini salah satu upaya pemerintah dalam melengkapi fasilitas publik, sekaligus menekan kecelakaan lalu lintas,” kata Ainul, kemarin.

Adapun spek JPO yang dibangun kali ini berbahan beton precast dengan panjang sekitar 30 meter. Selama ini biasanya JPO yang dibangun terbuat dari baja. Bahkan dari 5 JPO yang tersebar di beberapa titik di kota cimahi berbahan baja.

Menurutnya, jika menggunakan bahan dasar baja, lama kelamaan akan mengalami keropos akibat terkena panas dan air hujan. Tidak hanya itu, lanjut dia, JPO menggunakan bahan beton precast juga lebih kuat dan murah termasuk pemeliharaanya yang relatif lebih mudah.

“Ini satu-satunya JPO berbahan beton. Kalau pakai beton precast lebih kuat dan tidak perlu maintanance yang berat,” tuturnya.

Akan tetapi, JPO dengan inovasi betonisasi ini baru bisa difungsikan pada awal tahun 2018 sebab, masih harus dilakukan beberapa proses pengerjaan sampai JPO ini kokoh.

“Kedepan, tinggal dilanjutkan dengan cor lantai dan tangga. Untuk pagarnya pabrikan sudah jadi tinggal pasang,” ungkapnya.

Meskipun di Cimahi masih banyak JPO yang berbahan baja, kata dia, namun pihaknya belum punya rencana untuk mengganti sejumlah JPO dengan beton.

“JPO baja yang ada saya rasa masih layak, hanya perlu rehabilitasi aja. Kita juga masih banyak yang lebih prioritas. Jadi untuk JPO berbahan beton baru satu dulu,” pungkasnya. (mon)

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

To Top