Politik

Jutaan Surat Suara di Gudang KPU KBB Dijaga Ketat

SUDAH TIBA: Sebuah alat berat saat mengangkut surat suara pemilu. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat (KBB) telah menerima surat suara untuk Pemilu Presiden (Pilpres), Pemilu Legislatif (Pileg), Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) KBB di Gudang KPU KBB, Jalan Ciampel-Kecamatan Padalarang, Jum’at 8 Desember 2023. Ft istimewa

RAGAM DAERAH—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat (KBB) telah menerima surat suara untuk Pemilu Presiden (Pilpres), Pemilu Legislatif (Pileg), Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) KBB di Gudang KPU KBB, Jalan Ciampel-Kecamatan Padalarang, Jum’at 8 Desember 2023.

Sedangkan untuk keamanan, surat suara tersebut akan dijaga ketat oleh aparat kepolisian, termasuk pengamanan aparat KPU serta Bawaslu. “Pengamanan personel internal 5, jagat sasana 2 orang dan dari Kepolisian 20 orang. Akan dishif, per 12 jam kerja,” tegas Kasubag Teknis, Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat, KPU KBB, Warga Gumilang, saat ditemui disela-sela pembongkaran kartu suara dari truk ke gudang.

Selanjutnya, surat suara tersebut akan dilipat pada awal Januari 2024 dengan melibatkan sekitar 600 orang tenaga pelipatnya. “Kita akan distribusikan ke 16 PPK yang tersebar di 16 kecamatan se-wilayaj KBB,” terang Agum.

Surat suara jutaan lembar yang diangkut 6 truk besar tersebut, tiba di gudang sekitar pukul 13.30 WIB dengan pengawalan ketat aparat kepolisian. “Hari ini surat suara yang sudah kita terima baru untuk Pilpres, untuk DPD dan Pileg DPRD KBB saja. Sisanya, estimasi bakal kita terima sekitar tanggal 20 (Desember) nanti, untuk Pileg DPRD Jabar dan DPR RI pusat,” katanya.

Ia menjelaskan, kartu suara yang dikirim hari ini diangkut dari Rancaekek Kabupaten Bandung dengan percetakan PT Gramedia. Sedangkan untuk sisanya yakni surat suara Pileg DPRD Jabar dan DPR RI, akan dikirim dari percetakan di Nganjuk Jawa Tengah.

Mengenai kondisi gudang, Agung menyatakan relatif aman mulai tingkat kelembaban serta kondisi bangunannya. Surat suara Pilpres totalnya, DPD dan DPRD KBB masing-masing berjumlah 1.346.246 lembar ini disimpan di atas palet dengan ketinggian sekitar 20 cm di atas lantai gudang.

Ia tidak terlalu mengkhawatirkan kondisi gudang dengan kelembabannya, bahkan relatif aman dari banjir. “Insha Allah aman dari kelembaban dan ancaman kena air. Karena kita sudah antisipasi kemungkinan kena air akibat atap bocor,” ucapnya.***

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top