Event

Kadisdik KBB Lepas 14 Peserta Festival Tunas Bahasa Ibu Tingkat Jabar

Kadisdik KBB Asep Dendih saat melepas kontingen FTBI. ft istimewa

RAGAM DAERAH–Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengirimkan 14 peserta berasal dari berbagai Sekolah Dasar (SD), untuk mengikuti Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Tingkat Propinsi Jawa Barat (Jabar) tahun 2023.

Para peserta tersebut merupakan hasil seleksi di tingkat KBB, yang diselenggarakan pada Pebruari 2023 lalu.

Kepala Disdik KBB, Asep Dendih melepas Komtingen peserta yang terdiri dari siswa-siswi Tingkat Sekolah Dasar (SD) di halaman Gedung A Komplek Perkantoran KBB-Ngamprah, Senin (13/11/2023).

“Saya titip pada kalian agar bisa menjaga nama baik KBB dan berikan penampilan yang terbaik,” ujar Asep Dendih, saat melepas peserta.

Pada festival kali ini, KBB mengirimkan semua mata lomba, seperti ngadongeng, biantara, maca sajak, nulis, maca aksara Sunda, tembang pupuh, ngabodor sorangan dan ngarang carpon.

Bertindak sebagai tuan rumah FTBI tingkat Jabar ini, adalah Kabupaten Bandung.

Lebih lanjut, Asep Dendih mengatakan jika FTBI ini sebagai salah satu ajang untuk “ngamumule” atau melestarikan budaya Sunda.

Ia menyambut baik kegiatan tersebut, mengingat Budaya Sunda saat ini mulai terkikis dengan maraknya budaya asing.

Kembali digelarnya FTBI inipun, membawa angin segar bagi perkembangan Budaya Sunda. Minimal anak-anak yang menjadi peserta, dengan sendirinya mencintai budaya yang merupakan warisan nenek moyangnya ini.

“Jangan sampai anak-anak kita, tidak tahu asal-usul daerahnya dan tidak mengenal budaya nenek moyangnya,” ucap Asep.

Asep juga mengatakan, sebenarnya festival tersebut bukan pertama kali diadakan. Tahun-tahun sebelum pandemi Covid-19, secara rutin diselenggarakan oleh Pemprov Jabar.

“Alhamdulillah Bandung Barat bisa berkontribusi dalam festival ini dengan mengirimkan para perwakilannya. Mudah-mudahan, ke depannya makin banyak anak-anak yang tertarik untuk mempelajari mata lomba FTBI ini,” pungkasnya.***

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top