Kepala Desa Cilame, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung Alo Sobirin.

SOREANG-Desa Cilame, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung cukup menggeliat. Mengandalkan pendapatan desa dari sektor pariwisata, Desa Cilame menjadi desa termaju di Kabupaten Bandung.

Salah satunya adalah Bumi Perkemahan (Buper) Andes menjadi salah satu unit Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Bina Usaha Mandiri.

“Alhamdulillah dengan penataan konsep objek daya tarik wisata (ODTW), Buper Andes bisa dijadikan salah tempat atau icon wisata para pelajar dan masyarakat pada umunya,” ujar Kepala Desa Cilame, Alo Sobirin, di kantornya, Senin (8/1/2018).

Menurutnya, konsep ODTW Buper Andes, yang sudah dan akan berjalan dua konsep. Konsep pertama yaitu outdoor yang meliputi, bumi perkemahan, lapang bola, dan taman bermain. “Sedangkan konsep yang kedua yaitu indoor meliputi lapang bulutangkis dan lainnya,” katanya.

Alo menjelaskan tentang dibentuknya Bumdes Bina Usaha Mandiri. Menurutnya, konsep itu sesuai dengan amanat Undang–Undang No 6 Tahun 2014 tentang Desa, terutama Pasal 87 : Desa dapat mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dijalankan secara kekeluargaan dan gotong royong.

Dalam Pasal 89, lanjut Alo, rencananya hasil BUMDes dapat dimanfaatkan untuk pengembangan usaha, pembangunan desa, pemberdayaan masyarakat, pemberian bantuan untuk masyarakat miskin melalui hibah, bantuan sosial, kegiatan dana bergulir yang ditetapkan melalui anggaran pendapatan desa.

“Intinya pemerintah perlu mendorong perkembangan BUMDes, melakukan pendampingan teknis, akses pasar dan memprioritaskan BUMDES dalam pengelolaan sumber daya alam, dengan tujuan peningkatan kesejahteraan masyarakat pedesaan,” tandasnya. (fen)

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove
Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *