Kesos KBB Bagi-bagi Beasiswa

Kepala Bagian Kesejahteraan Sosial KBB, Asep Hidyatulloh

NGAMPRAH- Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB)membuktikan peduli pendidikan. Melalui Bagian Kesejahteraan Sosial pada Sekretariat Daerah (Setda) KBB memberikan beasiswa kepada 127 lulusan SMA/SMK berprestasi dari keluarga tidak mampu asal Kabupaten Bandung Barat untuk menempuh pendidikan ke perguruan tinggi negeri di Bandung. Beasiswa ini diberikan mengingat antusiasme warga yang tinggi untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.

Hal tersebut dikatakan Kepala Bagian Kesejahteraan Sosial KBB Asep Hidayatulloh di Ngamprah, Kamis (14/3/2018).

Menurutnya, beasiswa yang diberikan pemerintah daerah ini berlaku hingga mereka lulus PTN.

“Untuk beasiswa kali ini, pendaftar ada sekitar 460 orang, tetapi setelah diseleksi lagi, ada 127 orang yang berhak menerima beasiswa ini,” ujarnya.

Dikatakan Asep, total untuk beasiswa tersebut yakni Rp 10,4 miliar. Beasiswa ini diberikan sampai mereka lulus kuliah, dengan mencakup biaya pendidikan, kos, buku kuliah, dan uang saku.

Menurutnya, para penerima beasiswa ini telah diverifikasi oleh Bagian Kessos dengan meninjau langsung kondisi tempat tinggal dan penghasilan orangtua mereka.

“Bantuan ini ditransfer langsung ke PTN dan nantinya dari PTN itu diberikan kepada penerima.Adapun beasiswa ini bertujuan untuk membantu biaya pendidikan agar mereka tidak terhenti di tengah jalan,” kata Asep.

Asep juga menyebutkan, ada 5 PTN yang bekerja sama dengan pemerintah daerah, yakni Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjadjaran, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, dan Politeknik Bandung.

Dengan demikian menurutnya, para penerima beasiswa ini sekarang menempuh pendidikan di PTN yang sudah bekerja sama dengan Pemkab Bandung Barat.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, selain berprestasi selama SMA/SMK, penerima beasiswa harus diterima terlebih dahulu di PTN yang telah bekerja sama. Pemerintah daerah kemudian membuat nota kerja sama dengan pihak rektorat untuk pemberian beasiswa ini.

“Memang untuk tahun lalu, ada kebijakan SMA/SMK dialihkan kewenangannya ke provinsi. Ini pun berdampak pada kewenangan beasiswa di Pemkab, dari semula di Dinas Pendidikan, sekarang di Kessos,” ujarnya.

Seperti diketahui, untuk beasiswa ke PTN ini sudah diberikan Pemkab Bandung Barat sejak 2015. Pada tahun pertama, diberikan kepada 50 penerima, lalu meningkat menjadi 86 penerima pada 2016, dan 127 penerima pada 2017.

“Untuk tahun 2018, beasiwa baru akan dianggarkan pada APBD Perubahan lantaran ada pengalihan kewenangan dari yang semula di Dinas Pendidikan kini ke Bagian Kessos,” ujar Asep.(wie)

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *