NgamprahPemerintahanPolitikRagam Terkini

Ketua Fraksi Gerindra Sebut SIPD Tangkal Program “Siluman” Masuk

NGAMPRAH- Ketua Fraksi Gerindra DPRD KBB, Sundaya mempertanyakan, Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) yang bakal duterapkan di tahun 2021. “Singkroni anggaran dari sistem ini mecingnya seperti apa? Karena jika kita mengajukan pokir (pokok-pokok pikiran) akan berbanding lurus dengan anggaran juga sistem pembangunan kita (KBB) buttom up,” kata Sundaya di sesi tanya jawab sosialisasi SIPD yang diikuti 50 anggota DPRD KBB, Jumat (31/1/2020).

Nara sumber kegiatan sosialisasi SIPD yang difasilitasi Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapedalitbangda) KBB, Kepala Seksi pada Direktorat Perencanaan Anggaran Daerah Ditjen Bina Keuangan Daerah, Jimmy Revido.

Sundaya menyebutkan, saat pelaksanaan musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) desa hingga kecamatan dan hanya di plot anggaran sebesar Rp 3 miliar. “Akhirnya dibatasi di bagi 12 desa dan mentoknya di sana, dan hasil reses juga terkadang tidak tertampung dalam musrenbang, dengan penganggaran yang dibatasi menjadi permasalah kita dengan sistem ini,” ungkapnya.

Sementara, lanjut Sundaya, akan berbanding terbalik takala tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) tidak boleh memasukan nilai anggarannya dalam sistem tersebut. “Siapa yang akan menjamin ketika kami menjanjikan ke masyarakat dan bisa-bisa ujung-ujungnya menjadi tenang-tenang bumerang,” tuturnya.

Sundaya mengatakan, saat menampung reses anggaran yang diajukan masyarakat cukup besar. “Jadi kami minta pencerahan soal singkronisasi anggaran. Kita memasukan anggaran tapi ujung-ujungnya tidak ada oleh TAPD, ya untuk apa,” katanya.

Kendati begitu, pihaknya sangat mendukung dengan program SIPD yang bakal dicanangkan di tahun 2021. “Saya punya harapan dengan sistem ini betul-betul akan membantu tidak ada lagi program-program yang masuk setelah pembahasan KUA PPAS (Kebijakan Umum Anggaran dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara) karena akan terpantau oleh pemerintah pusat,” tandasnya. (wie)

Editor M Bowie

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove

Berita Terkait

Back to top button
Close
Close