Pemerintahan

Kopdar Kades se-KBB, Hengky: “Kegiatan Desa Harus Bedasarkan Prioritas Dana Desa”

NGAMPRAH—Plt. Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan menggelar Kopi Darat (Kopdar) bersama para Kepala Desa se-Kabupaten Bandung Barat di Cibodas Lembang, Kamis (12/5/2022). Turut hadir jajaran Kepala Orgaisasi Perangkat Daerah (OPD) serta seluruh camat.

Kopdar tersebut diinisiasi Kang Hengki—sapaan akrab Hengky Kurniawan, dalam rangka mewadahi aspirasi dari para kepala desa. Pada kesempatan itu, para kepala desa melakukan diskusi dengan Kang Hengky sebagai narasumber dari IPDN serta UNPAD juga dari pihak Bank BJB.

Hengky menyebutkan, kegiatan Kopdar merupakan salah satu bentuk upaya peningkatan kapasitas para pelaku usaha ekonomi di desa, serta untuk mengetahui sejauh mana pemerintah desa di Kabupaten Bandung Barat menjalankan peran dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di desa masing-masing.

“Pengembangan ekonomi masyarakat bukan hanya tanggung jawab pemerintah pusat, melainkan juga tugas yang perlu dilaksanakan oleh pemerintah desa<’ kata orang nomor satu di KBB ini.

Melalui kegiatan Kopdar, kata Hengky, setidaknya akan terlihat, apakah kegiatan yang dianggarkan oleh desa benar-benar berdasarkan amanat prioritas dana desa, atau apakah penggunaan dana desa dalam APBDes mencerminkan pembentukan produk unggulan desa.
“Diharapkan akan menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi di desa tersebut dalam rangka menuju Bandung Barat Ekonomi Kuat 2030,” tutup Kang Hengky. ***

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

To Top