Pariwisata

Kupat Tahu Padalarang Kesohor, Tapi Belum Jadi Ikon KBB

CIRI KHAS– Pj Bupati Bandung Barat, Arsan Latif, Kapolresta Cimahi dan Dandim 0609 Cimahi foto bersama pemilik Kupat Tahu 99. Ft istimewa

RAGAM DAERAH–Kupat tahu menjadi ikon sendiri bagi Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Namanya sudah ke sohor bagi pelancong yang sengaja mampir ke Padalarang.

Sederetan artis hingga pejabat negara, pernah mencicipi mak nyosnya kupat tahu Padalarang ini.

Baru-baru, artis Vicky Presetyo, Rafi Ahmad sengaja makan kupat tahu Padalarang untuk sarapan pagi saat mampir.

Tak ketinggalan, Pj Bupati Bandung Barat, Arsan Latif bersama unsur muspida Kapolresta Cimahi dan Dandim 0609 Cimahi, juga kepincut dengan lezatnya kupat tahun Padalarang.

Pedagang kupat tahu Padalarang banyak tersebar di sepanjang Jalan Raya Nasional Padalarang, yang masuk wilayah Desa Kertamulya Kampung Pos Kidul.

Namun dari deratan pedagang kupat tahu itu, Kupat Tahu 99 cikal bakal munculnya pedagang yang masih ikatan keluarga, seperti kupat tahu 56 juga bos kupat tahu, dan lain sebagainya. 

Pewaris Kupat Tahu 99, Dudung Durahman mengatakan, usaha yang digelutinya itu merupakan warisan dari orangtuanya yang mendirikan sejak tahun 70-an. “Saya mewarisi Kupat Tahu 99 ini dari nenek Mih Rodiah yang diwariskan kepada anaknya Eti. Kalau bos kupat dari almarhum Pak Aip yang diwariskan ke Gugun Gunawan dan kupat tahu Haji Karya diwariskan ke Asep Setiawan semua masih ikatan keluarga besar,” kata Dudung kepada Ragam Daerah, Sabtu 27 Januari 2024.

Diantara pedagang kupat yang tersebar tesebut, ada yang khusus membuat lontong untuk menseragamkan cita rasanya yang khas. “Produksinya bisa sampai 500 lontong dalam sehari. Pedagang kaki lima yang ada di Padalarang hingga Bandung membeli lontongnya di bos kupat, makanya khas rasanya,” sebut Dudung.

Kalau soal bumbu, kata Dudung, mempunyai racikan cita rasa masing-masing. “Kurang lebih ada 20 pedagang yang berjualan kupat tahu Padalarang ini,” katanya.

Dudung berharap, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat bisa memberending jika Kupat Tahu Padalarang menjadi salah satu pangan khas di KBB. “Ya minimal di buatkan yang menjadi ciri khas jika masuk Padalarang ada tugu lontong,” harapnya. ***

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top