Lapangan Golf Brigif Terbakar, Penyebabnya Ini

CIMAHI-Petugas Pemadam Kebakaran Kota Cimahi mengimbau masyarakat Kota Cimahi agar tidak sembarangan melakukan pembakaran sampah dilahan yang berdekatan dengan alang-alang.

Awal pekan ini, di Kota Cimahi mengalami dua kali kebakaran dilahan alang-alang. Kebakaran itu terjadi akibat kelalaian manusia (human error). Kejadian kebakaran lahan alang-alang yang pertama terjadi pada Rabu (12/7/2018) di kawasan Lapang Golf Brigif dengan luas wilayah 3000 meter persegi dan luas area yang terbakar 1000 meter persegi.

Kemudian kejadian kedua terjadi di lahan alang-alang dengan luas 20 ribu meter persegi yang berlokasi di Jalan Kolonel Masturi KM 4 RT 01/13 Kecamatan, Cimahi Utara, Kota Cimahi dan area yang terbakar 350 meter persegi.

Petugas pemadam kebakaran, Kota Cimahi, Yadi Mulyadi mengatakan, kebakaran di dua lokasi lahan alang-alang tersebut akibat pembakaran sampah dan rumput kering secara sembarangan.

“Masyarakat jangan melakukan pembakaran sampah didekat lahan alang-alang karena jika api terhembus angin kencang, alang-alang juga mudah terbakar,” ujarnya.

Pada musim kemarau ini, lanjut dia, alang-alang yang kering pasti mudah terbakar, sehingga masyarakat Kota Cimahi dihimbau untuk berhati-hati dalam melakukan pembakaran.

“Kebakaran alang-alang ini akibat faktor musim kemarau juga karena banyak alang-alang yang kering jadi mudah terbakar,” terangnya.

Terlebih, kata Yadi, petugas pemadam kebakaran Kota Cimahi harus berjibaku ketika melakukan pemadam di lahan alang-alang karena akses jalan kerap naik, sehingga untuk menjangkau ketitik api memerlukan banyak selang.

“Seperti yang terjadi di lahan alang-alang yang berlokasi di Jalan Kolonel Masturi, akses jalan naik dan jangkauan ketitik api memerlukan sebanyak tujuh  selang,” pungkasnya. (mon)

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *