Launching Sudah Tapi Jalan Selatan Enggak Juga Dikerjakan, Ada Apa?

 

 

 

Dadan Supardan. ft dok pribadi
Dadan Supardan. Ft dok Pribadi

NGAMPRAH– Anggota DPRD Kabupaten Bandung Barat, Dadan Supardan angkat bicara terkait dana pinjaman Pemda Bandung barat kepada PT SMI dengan jumlah pinjaman sebesar Rp 285 miliar.

Menurutnya, dana itu sebagai bentuk kepercayaan dari PT SMI kepada Pemerintah Bandung Barat.

PT SMI memberikan persetujuan atas permohonan dana pinjaman yang diajukan oleh Pemda Bandung Barat ini tidak asal setujui begitu saja, namun sudah barang tentu hasil dari kajian dan penilaian yang positif terutama terkait penilaian terhadap kondisi keuangan daerah, tata kelola pemerintahan, dan tata kelola keuangan daerah yang baik berdasaran hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

“Saya optimis bahwa Pemda Bandung Barat bisa melunasi dana pinjaman tersebut dalam rentang waktu selama tiga tahun seperti yang tertuang dalam MoU antara Pemda Bandung Barat dan PT SMI,” kata Dadan kepada Redaksi Ragam Daerah, Kamis (17/6/2021).

Terkait itu, kata Dadan, bukan waktunya untuk bersilang pendapat soal dana pinjaman dari PT SMI. ” Apalagi perusahaan pemenang lelangnya pun saat ini sudah ada, sehingga saat ini yang jauh lebih penting adalah pemerintah daerah untuk segera mendorong perusahaan pemenang lelang agar secepatnya melaksanakan pekerjaan pembangunannya jangan sampai molor,” kata Dadan.

Sebagaimana diketahui, bahwa pelaksanaan pekerjaan jalan yang bersumber dana pinjaman dari PT SMI itu diproyeksikan kepada dua paket pekerjaan jalan.

Paket pertama untuk peningkatan pembangunan jalan dengan panjang 19,9 kilo meter dimulai dari Rancapanggung-Cijenuk, Cijenuk-Sarinagen sampai ke jalan Baranangsiang dengan besaran anggaran Rp 87 miliar.

Adapun paket pekerjaan keduanya dengan total anggaran Rp 197 miliar dengan total panjang jalan 52 km lebih yang meliputi proyek peningkatan pembangunan jalan mulai dari Selacau-cililin, Cililin-Sindangkerta, terus Sindangkerta-Celak-Gunung Halu, Bunijaya- Cilangari, dan Cilangari sampai jalan Cisokan.

“Dalam pelaksanaan pekerjaannya diharapkan perusahaan dapat melibatkan masyarakat sekitar proyek dan juga yang lebih pentingnya lagi ke depankan kualitas pekerjaan yang sesuai dengan spek kerjaan,” pungkas Anggota DPRD Daerah Pemilihan V Ini.

Sebelumnya diberitakan, pembangunan jalan wilayah selatan KBB sepanjang 52,7 km yang menelan anggaran Rp197 miliar bakal dikerjakan.

Jumat (28/5/2021) dilalukan groundbreaking atau peletakan batu pertama jalan tersebut oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan di pertigaan Alun-alun Cililin.

Hengki Kurniawan mengatakan, pembangunan jalan tersebut mulai dari Cihampelas-Cililin-Celak-Gununghalu-Bunijaya-Cilangari, cukup lama dinantikan masyarakat wilayah selatan.

Pemda KBB berupaya keras mewujudkan keinginan masyarakat tersebut dengan harapan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitarnya.

“Kita berharap mudah-mudahan pelaksanaan perbaikan atau peningkatan jalan ini bisa berjalan dengan lancar tepat waktu. Mudah-mudahan jadi jalan kebaikan dan keberkahan bagi kita semua,” ujarnya pada wartawan, Jumat (28/5/2021). ***

 

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *