Pemerintahan

Linmas se-KBB Minta Insentifnya di Tambah

RAGAM DAERAH–Ayi Mahmudin (52), anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) Desa Wangunsari, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengaku setiap bulannya menerima insentif dari Pemkab Bandung Barat hanya sebesar Rp150.000.

Nominal insentif tersebut, tentunya jauh dari cukup. Karena sekali piket saja di kantor desa, ia bisa menghabiskan sekitar Rp30.000 untuk kopi, beli cemilan dan lain-lain.

Beruntung ia tidak terlalu mengandalkan insentif untuk kebutuhan dapurnya. Selama ini, Ayi bekerja di sebuah pabrik, sehingga dapurnya tetap ngebul.

“Masih mendingan kalau musim hajatan, kita kan biasanya suka dikasih (uang) sama yang punya hajat (pesta),” ungkapnya, disela-sela peringatan HUT Satpol PP ke-73 dan Linmas ke-61 Tingkat KBB di Lapang Puskavud, Parongpong, Kamis (16/3/2023)

Kendati begitu, ia tetap berharap ada penambahan insentif dari Pemkab Bandung Barat. Paling tidak, bisa membantu kebutuhan hidupnya.

“Saya sudah 10 tahun lebih jadi Linmas, Alhamdulillah kalau insentif nambah mah, tentunya sangat senang,” ucapnya.

Kepala Satuan Polisi Pamong Pradja (Satpol-PP) KBB, Ludi Awaludin mengatakan, jika Pemkab Bandung Barat hingga saat ini, belum bisa memberikan kesejahteraan yang memadai pada anggota Linmas tersebut.

Namun pihaknya, akan berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan anggota Linmas dengan menambah insentifnya.

“Itu juga yang ada dalam benak saya, ingin meningkatkan kesejahteraan mereka (anggota Linmas). Akan kita upayakan untuk diajukan ke TAPD, supaya insentif anggota Linmas ini naik,” ucapnya.

Tentunya, untuk menambah insentif anggota Linmas tersebut bukan hal mudah. Anggaran yang dibutuhkan cukup besar, karena jumlah anggota Linmas KBB hingga saat ini mencapai 4.000-an yang tersebar di 165 desa.

“Peran meraka luar biasa. Mulai  terlibat dari urusan penegakan Perda, hingga menjaga keamanan dan ketertiban lingkungannya.

“Memang mereka perlu diperhatikan. Mudah-mudahan saja mulai tahun 2024 insentif para anggota Linmas ini naik,” ucap Ludi.

Sementara, Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan berharap Satpol PP dan anggota Linmas untuk senantiasa memberikan yang terbaik bagi negara.

Terutama menghadapi Pemilu 2024, kata Hengky, peran anggota Linmas dan Satpol cukup dominan untuk menjaga lingkungan.

Oleh karena itu, Hengky mengapresiasi upaya Limas dan Satpol dalam menjaga ketertiban dan keamanan wilayaknya.

“Saya juga berharap, pada peringatan HUT Satpol PP dan Linmas ini bisa menyatukan persepsi untuk kemajuan daerah,” pungkasnya.***

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top