Kota Bandung

Najwa Shihab Tokoh Anti Korupsi Versi ICW

PENGHARGAAN: ICW memilih Najwa Shihab sebagai tokoh publik antikorupsi 2017.

BANDUNG-Indonesia Corruption Watch (ICW) mengumumkan terpilihnya salah satu tokoh publik yang selama ini aktif menyuarakan pesan antikorupsi.

Dari 44 nama tokoh publik yang diusulkan, terpilih satu nama yang tak asing lagi di telinga kita yaitu Najwa Shihab, news anchor Program Mata Najwa di salah satu televisi swasta.

Wakil Koordinator ICW Ade Irawan, dalam siaran persnya mengatakan, pengumuman ini disampaikan ICW dalam konferensi pers bersama salah satu Panitia Seleksi (pansel) Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 2015-2019, Betty Alisjahbana, Wakil Koordinator ICW, Ade Irawan, dan staf Divisi Penggalangan Publik ICW, Liska Fauziah.

Najwa Shihab terpilih sebagai tokoh publik antikorupsi 2017 setelah melalui beberapa tahapan seleksi dan menjaring dari 44 nama tokoh publik yang diusulkan.

“Pilihan ini didasarkan atas kiprah Najwa Shihab yang memiliki jiwa sosial tinggi, paham dengan kondisi Indonesia saat ini khususnya persoalan korupsi, serta merupakan representasi generasi muda,” ujar Ade Irwan, Selasa (9/1/2018).

Menurutnya, indikator atau kriteria yang digunakan dalam memilih kandidat tokoh publik antikorupsi 2017 adalah berintegritas, rekam jejak atau kepedulian dengan isu korupsi, memiliki pengaruh yang luas, artikulatif serta komunikatif, dan dapat diterima semua kalangan.

“Ada 44 nama tokoh publik yang mana diantaranya berprofesi sebagai penyanyi, pemain film, sutradara, wartawan, artis, penulis, aktivis sosial media yang memiliki follower banyak, yang semuanya dapat dikatakan tokoh publik. Akan tetapi dalam penilaian, yang dilihat lebih pada kepemilikan sebuah program untuk masyarakat luas dan terpilihnya Najwa Shihab”, jelasnya.

Ade Irawan menjelaskan, bahwa 2017 adalah fase awal bagi ICW mencoba mendapuk seseorang sebagai tokoh publik antikorupsi. Harapannya, adalah tokoh publik yang terpilih dapat menyebarkan pesan-pesan antikorupsi sehingga dapat meningkatkan kepekaan masyarakat mengenai korupsi, serta dapat menjadi panutan/contoh bagi masyarakat untuk terus menjunjung tinggi nilai-nilai integritas. (*/fen)

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

To Top