PADALARANG– Pasar Tagog Padalarang KBB segera dibangun Agustus 2020 mendatang. Konsepnya pun mengusung semi modern. Pasar tersebut, berada di lintasan yang cukup strategis sehingga bangunannya diharapkan bisa menjamin kenyamanan para pengunjung.

Seiring revitalisasi pasar itu, untuk mengurai kemacetan di jalur utama, jalan protokol Padalarang akan dibangun jalan bypass lingkar selatan serta fly over. “Lalu tukang delmanpun nanti akan dialihkan ke Ciburuy untuk mengantar para wisatawan,” ujar Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna usai membuka acara Sosialisasi Pembangunan Pasar Tagog Padalarang bersama Paguyuban Pedagang di Hotel Mason Pine Padalarang, Rabu (17/6/2020).

Umbara mengungkapkan, konsep tersebut, sejalan dengan pembangunan pusat perekonomian di wilayah Padalarang dan sekitarnya serta pengembangan wisata. “Di sini (Padalarang) ada IKEA, yang akan dibuka tahun 2021. Lalu Waterpark, juga Ciburuy (Situ Ciburuy), dibangun depan. Dan kesananya ada Stone Garden. Jadi wisatawan akan lebih banyak masuk kesini,” ujar Umbara.

Pasar itu juga nantinya akan dinamakan Pasar Wisata Padalarang, begitu juga dengan pasar-pasar tradisional lainnya yang sudah terlebih dahulu dibangun seperti Pasar Batujajar dan Pasar Panorama Lembang. Untuk pelaksanaan pembangunan pasar yang menelan anggaran Rp79 miliar lebih ini, diserahkan pada PT Bina Bangun Persada sebagai pemenang lelang.

“Sekarang sudah jelas ada pemenang tinggal dibangun. Mudah-mudahan dengan direvitalisasinya Pasar Padalarang ini, ada harapan untuk mengurangi kemacetan juga,” harapnya.

Umbara menegaskan, selama ini yang menjadi persoalan di lintasan Padalarang adalah kemacetan. Salah satu sumber kemacetan berada di Pasar Tagog, karena sebagian badan jalan dipakai para pedagang. Kondisi itu, diperparah dengan tempat pembuangan sampah sementara, yang berada di pinggir jalan.Apabila pasar itu dibangun, tidak ada lagi pedagang yang berjualan di badan jalan. ***


Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *