PDAM Tirta Raharja Klaim Pasokan Air Aman

 


PROGRAM: Meski sempat mengalami penurunan debit air 5 persen, namun pasokan air dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Raharja untuk tiga wilayah dipastikan aman.

CIMAHI – Meski sempat mengalami penurunan debit air 5 persen, namun pasokan air dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Raharja untuk tiga wilayah dipastikan aman.

Kendati demikian, penurunan debit air yang dialami PDAM Tirtaraharja, tidak berlarut. Bahkan ketiga wilayah yaitu, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi dan Kabupaten, pasokan airnya tercukupi.

“Untuk pasokan air di tiga wilayah yang kami layani, sampai sekarang masih lancar. Memang kemarin debit airnya sempat menurun tapi, berbarengan dengan turunnya hujan saat ini debit air kembali normal,” ujart Manajer Junior Humas dan Kesekretariatan PDAM Tirta Raharja Sri Hartati, Rabu (23/5/2018).

Dia melanjutkan, tingkat konsumsi air sepanjang ramadan biasanya ada peningkatan. Pemakaian air dalam rumah tangga rata-rata naik pada saat menjelang buka puasa dan malam hari.

“Rata-rata kenaikannya 20 persen. Tapi baru bisa terlihat datanya setelah analisa dua bulan ke depan. Itu kalau berkaca pada tahun kemarin,” terangnya.

Untuk mengantisipasi penurunan debit akibat penggunaan air dalam waktu bersamaan, PDAM Tirta Raharja mengimbau pelanggan melakukan penampungan air.

“Misalnya, mulai menampung air agar penggunaannya lebih efisien. Waktu pemakaian biasa pagi sampai sore, cepat menampung saat air mengalir,” ucapnya.

Sistem pengolahan air saat ramadan sendiri, lanjut dia, tidak mengalami perubahan. Pengolahan tetap dilakukan seperti jadwal hari biasa dan debit air yang diolah pun masih dalam taraf normal.

“Pengolahan air tetap sesuai sistem tidak ada perubahan, tapi hanya perubahan konsumsi masyarakat saja,” jelasnya.

Untuk kesiapan menghadapi musim kemarau, pihaknya terus berupaya mencari sumber air baru. Hal tersebut untuk menjaga agar pasokan air, terutama ke daerah selatan Cimahi yang kerap diterpa kekeringan pada musim kemarau.

“Kerjasama dengan pihak lain juga ditempuh dalam rangka pemenuhan sumber air. Terutama meningkatkan kegiatan konservasi di daerah sumber air dengan menggalakkan penghijauan. Hal itu sangat berpengaruh pada kesuburan air, maka kami upayakan kawasan konservasi terus dipelihara,” pungkasnya. (mon)

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *