Pecemaran Limbah Pabrik, Warga Cibodas Cimahi Selatan Terserang Gatal dan TBC

CIMAHI – Diduga akibat pencemaran udara dan air, seorang anak berusia 6 tahun warga Kp. Cibodas Campaka RW 09/2 Kecamatan Cimahi Selatan, menderita penyakit gatal-gatal dan Tubercolusis.

Warga setempat menduga, penyakit yang selama ini mendera masyarakat sekitar akibat terpapar limbah yang dihasilkan oleh pabrik.

Bagaimana tidak, kampung yang terletak di wilayah Kelurahan Leuwigajah itu, dikelilingi 21 pabrik. Sehingga, dugaan warga pun tertuju pada semua industri yang berdekatan dengan lingkungan sekitar.

Salah seorang warga mengaku, pengolahan maupun pembuangan limbah dari pihak pabrik yang dianggap tidak memperhatikan lingkungan ini, karena minimnya koordinasi antara pengelola pabrik dengan warga. Bahkan, warga pun menduga ada oknum yang memanfaatkan situasi.

“Kami ingin, pihak pabrik terbuka dan tidak lagi percaya sama oknum yang mengatasnamakan warga,” tegas Iim (34) yang juga keluarga terdampak limbah, Kamis (5/4/2018).

Sejauh ini, lanjut dia, warga merasa banyak dirugikan dengan ulah pabrik yang tidak mementingkan lingkungan sekitar bahkan, masyarakat banyak mengalami berbagai penyakit seperti, gatal-gatal, batuk dan Ispa.

“Saya kasihan sama anak tetangga yang katanya terserang Tubercolusis. Dia keluarga tidak mampu. Kami harap pihak manapun bisa memberikan kepedulian,” tuturnya. (mon)

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *