Pembebasan Lahan Gedung Dewan Belum Terbayarkan Rp 9, 1 Miliar

Kepala Seksi Fasilitas Pertanahan pada Dinas Kimrum KBB, Aan Sopian.

NGAMPRAH- Pemerintah Kabupaten Bandung Barat menargetkan pembebasan lahan untuk Gedung DPRD KBB rampung di tahun 2018.

Pembebasan gedung wakil rakyat itu menyedot anggaran APBD KBB Rp 25,7 miliar dari 30 bidang tanah dengan luas 2,8 haktare.

“Yang sudah dibayar 23 pemilik bidang tanah sisa tujuh bidang yang belum di bayarkan,” ujar Kepala Seksi Fasilitas Pertanahan pada Dinas Permukiman dan Perumahan Pemkab Bandung Barat, Aan Sopian ditemui di ruang kerjanya, (30/1/2018).

Aan menyebutkan, tersisa tujuh bidang tanah seluas 1,5 hektare dengan total anggaran Rp 9,1 miliar. “Mudah-mudahan dianggaran perbuhan sudah bisa selesai semuanya,” kata Aan.

Tafsiran harga pembebasan lahan berdasarkan kajian tim aprasial Badan Pertanahan Nasional KBB, harganya pun bervariatif. Letak tanah di pinggir jalan Rp 1.080. 000/m2. Sementara lahan yang berada di dalam Rp 485.000/m2. “Itu untuk lahannya saja, sedangkan tanaman, pertanian, dan makam diperhitungkan lagi,” sebutnya.

Sebelumnya, kata Aan, sudah dibebaskan pada tahun 2015-2016. “Warga yang lahannya dibebaskan bukti kepemilikannya girik bahkan hanya pajak dan bangunan saja, kita membayarkan berdasarkan bukti kepemilikan pertama,” tandasnya. (wie)

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *