Lingkungan

Pemkab Bandung Barat Bidik TPS Parongpong

RAGAM DAERAH– Pemerintah Kabupaten Bandung Barat membidik Kecamatan Parongpong sebagai pilot project dalam tempat pengelolaan sampah (TPS) secara mandiri menghadapi penutupan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti 1 Januari 2024.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung Barat, Ibrahim Adji mengatakan, Kecamatan Parongpong sudah ada Badan Usaha Milik Desa (BumDes) yang memiliki alat pengelolaan sampah secara mandiri.

“BumDes tersebut dalam sehari bisa mengolah sampah hingga satu ton dan dibiayai oleh desa. Bahkan ada beberapa desa yang akan ikut mensuportnya,” kata Ibrahim Adji, Kamis 23 November 2023.

Pemkab Bandung Barat juga akan bekerjasama dengan pihak swasta untuk menyelesaikan persoalam sampah pascapenutupan TPA Sarimukti nanti.

Salah satunya adalah Halim Kalla (HK) Motor yang merupakan adik kandung dari mantan Wapres Yusuf Kalla. “Unit bisnis salah satunya adalah pengelolahan sampah dan mereka sudah berjalan di Tanggerang. Nanti kami akan melihat langsung proses pengelolaannya,” sebut Ibrahim Adji.

Konsep yang disuguhkan oleh HK motor adalah depo pengelolaan sampah dengan ramah lingkungan bersih dan tidak menimbulkan bau bagi masyarakat sekitar.

“Ke dapan KBB ingin mengedepankan konsep kota tanpa TPA. Ini sebagai jawaban kami atas penutupan TPA Sarimukti sambil menunggu pengoprasian TPA Legok Nangka di tahun 2028,” tutur Ibrahim Adji.

Saat ini, sampah KBB yang dikirim ke TPA Sarimukti dikisaran 160 ton seharinya. Direncanakan antara 2023-2024 Pemkab Bandung Barat akan mengupayakan sewa lahan untuk TPS dengan memasang alat pengelolaan sampah.

“Kami juga bekerjasama dengan Indonesia Power yang memherikan CSR-nya berupa tempat pengelolaan sampah dan budi daya magot sebagai upaya mereduksi sampah organik hingga 14 ton,” tutur Ibrahim Aji.

Telokom University juga menawarkan depo pengelolaan sampah dengan ada produk akhir. “Selain TPS di Parongpong ke depan ada depo pengelolaan sampah ya satu depo mengcover dua kecamatan,” tuturnya. ****

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top