Pemkab Bandung Barat Siapkan Lahan Pertanian 3 Hektare

NGAMPRAH– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat kembali menyiapkan lahan pertanian seluas 3 hektare untuk program budi daya lahan pertanian.

“Kita akan menambah lahan seluas 3 hektare bahkan lebih untuk pemberdayaan buruh tani dengan memberdayakan sekitar 30 orang buruh tani,” ujar Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna di Kp.Cikupa Desa Cilame Kec.Ngamprah, Selasa (20/10/2020).

Percobaan pertama di lahan seluas 1 hektera sudah dilakukan yang akan dapat di panen sekitar akhir Desember atau awal Januari.

“Nantinya akan ada di setiap kecamatan maupun desa untuk pemberdayaan buruh tani. Mulai dari sarana edukasi untuk kelompok tani, ataupun masyarakat umum lainnya,” tutur orang nomor satu di KBB ini.

Seperti diketahui, membantu perekonomian para buruh tani yang terdampak langsung COVID-19, Pemkab Bandung Barat menjalin kerjasama dengan Kodim 0609 Cimahi mencanangkan program pemberdayaan buruh tani terkena dampak COVID-19, di Kp.Cikupa Desa Cilame Kec.Ngamprah.

Kerjasama antara Kodim 0609 dan Pemkab Bandung Barat di sektor budidaya pertanian ini menggunakan lahan milik Pemkab Bandung Barat seluas 1.107 HA, dan akan ditanami dua komoditi yaitu Kacang kedelai edamame dan jagung manis yang budidayakan oleh 10 orang buruh tani.

Bupati menyebutkan, selama pandemi, sektor pertanian di Kabupaten Bandung Barat menurun lebih dari 70%. Kerjasama dengan Kodim 0609 diharapkan sektor pertanian di KBB bisa stabil kembali.

“Nantinya akan ada 3 jenis kegiatan di dalam pemberdayaan buruh tani yakni budi daya pertanian, instalasi pengomposan kotoran sapi, dan BIOS44DC yang ada di Kec.Lembang,” tandas Bupati. ***

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *