Cimahi

Pemkot Cimahi Cari Lahan Pengganti Lapangan Krida

CIMAHI – Lapangan Krida di Kelurahan Utama Kecamatan Cimahi Selatan yang saat ini menjadi gedung Technopark, hingga saat ini belum ada penggantinya.

Untuk mengganti lapangan tersebut, saat ini Pemerintah Kota Cimahi terus berupaya mengembalikan, keberadaan lapangan sekaligus bisa dimanfaatkan sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH) oleh masyarakat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cimahi, Muhamad Yani, mengungkapkan, pihaknya sudah berkonsultasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga terkait penggantian lahan tersebut.

Lahan pengganti Lapang Krida atau sekarang yang sudah jadi Gedung Cimahi Technopark itu, sudah masuk di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Cimahi tahun 2018.

“Belum lama ini kita sudah komunikasi dengan Kemenpora. Alhamdulilah mereka sangat mendukung ada penggantian lahan,” katanya.

Belum terealisasinya lapangan pengganti tersebut, karena ada beberapa hal yang harus disepakati bersama dengan masyarakat terkait pembebasan lahan serta kesepakatan mengenai harga.

Yani melanjutkan, pihaknya sudah dalam tahap menentukan titik yang akan dibebaskan lahan untuk penggantian lahan. Salah satunya adalah lahan di Kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi Selatan. Namun, lahan yang akan dibebaskan masih dalam tahap kajian terkait legalitas tanahnya, apakah bermasalah dengan hukum atau tidak.

“Jadi, belum ada kepastian. Kemudian, perlu ada kesepahaman dengan masyarakat sekitar tentang lokasi lahan yang akan dibebaskan untuk mengganti lahan lapangan krida,” terangnya.

Dalam hal penggatian Lapangan Krida, Pemerintah Kota Cimahi sebelumnya sudah mengajukan penggantian untuk lahan Lapangan Krida, diganti dengan Lapangan Poral yang masih berada di wilayah Cimahi Selatan. Akan tetapi urung dilaksanakan dengan berbagai pertimbangan. Sehingga, lebih memilih membebaskan lahan baru.

“Kalau dipindahkan ke lapangan Poral tidak bisa karena, lapangan itu sudah ada. Sedangkan untuk mengganti lapangan Krida harus ada lahan baru. Maka, rencananya akan dilakukan pembebasan lahan,” ungkapnya.

Menurutnya, di wilayah Cimahi Selatan perlu penambahan RTH serta sarana olahraga masyarakat. Terlebih, tingkat polusi di Cimahi Selatan cukup tinggi.

“Penyediaan RTH tentunya akan menjadi prioritas. Sehingga bisa mengurangi tingkat polusi,” pungkasnya. (mon).

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove
Iklan Ragam Daerah
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

To Top